Cegah Penyebaran Corona, Sekolah Bakal Diliburkan 14 Hari

  • Whatsapp

SUNGAILIAT– Bupati Bangka, Mulkan akan meliburkan seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Bangka untuk mencegah penyebaran wabah virus corona atau covid-19. Dia mengatakan seluruh sekolah dari jenjang PAUD/TK hingga SMP akan diliburkan selama 14 hari setelah menggelar rapat bersama dengan Forkompinda, Selasa (17/3/2020).

Read More

“Besok (hari ini-red) akan rapat bersama Forkompimda. Kita menginginkan adanya pencegahan jangan sampai gara-gara keterlenaan dan kurang kewaspadaan kita mengakibatkan anak-anak dan masyarakat kita terkena dampak,” ungkap Mulkan kepada wartawan, Senin (16/3/2020).

Meski demikian, dia meminta agar guru tetap masuk seperti biasanya walaupun tidak ada aktivitas belajar mengajar di sekolah.”Dari Kementerian RB juga sudah menyarankan agar sekolah dan bekerja di rumah, tapi guru juga akan tetap masuk seperti biasa. Liburnya kemungkinan hari Rabu (besok-red),” tambah Mulkan.

Selain itu, lanjut dia, ASN yang berusia 56 tahun juga akan diminta untuk melakukan pekerjaannya di rumah karena lebih rentan terjangkit virus covid-19. “Kita akan lihat juga untuk ASN umur 56 tahun karena sangat rentan dan cepat terjangkit virus karena darahnya kurang kuat,” jelasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini juga akan meniadakan absen sidik jari yang selama ini digunakan oleh para pegawai setiap pagi dan sore. “Absen sidik jari juga nanti tidak akan kita berlakukan karena ini salah satu cara penyebaran virus dan kita ganti dengn absen manual,” pungkas Mulkan.

Sementara itu, untuk menghindari penyebaran virus covid-19, Mulkan juga meminta agar ASN dan dewan tidak melakukan perjalan dinas luar (DL). “Kita bukan melarang untuk DL, tapi situasi di pusat juga seperti itu. Mereka juga akan membatasi tamu-tamu dari daerah untuk mengantisipasi penyebaran corona,” katanya.

Dia mencontohkan seperti di Kantor KPP Pratama yang sudah menerapkan sistem online sehingga bisa tidak melayani masyarakat secara langsung. “Mereka saat ini tidak melayani secara tatap muka tapi sudah secara online jadi lebih aman,” tegas Mulkan. (mla/10)

JustForex

Related posts