Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Berkah Durian di Desa Nangka, Penjual Raup Hingga Puluhan Juta Rupiah

RAKYATPOS.COM, AIRGEGAS - Desa Nangka Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan selalui menjadi tempat buruan warga pecinta durian di saat musim duren seperti saat ini.

Tak seperti namanya Nangka, pohon nangka malah sedikit dibandingkan pohon durian yang hampir dimiliki setiap rumah di sana.

Musim durian memang menjadi penghasilan tambahan setiap tahun bagi warga di sana. Seperti dikatakan Ranto, penjual durian persis di sebelah mushola Al Muttaqin Desa Nangka.

Tahun sebelumnya, ia berhasil meraup puluhan juta rupiah dari hasil menjual duren selama dua bulan. Namun menurutnya, tahun ini panen durian memang lebih sedikit dikarenakan perubahan cuaca yang menyebabkan pohon durian sedikit berbuah.

Meski panen sedikit, namun Ranto tetap bersyukur. Ia menjual berbagai jenis durian mulai durian tembaga, jantung, mentega serta jenis lainnya. Harganya pun bervareasi mulai dan tetap terjangkau sesuai dengan kualitas buah dan rasanya.

"Memang hasil panen tahun ini lebih sedikit, namun kita tetap bersyukur, dan Alhamdulillah, buah duren lokal kita tak kalah rasa dengan durian lainnya, tetap manis, legit dan berdaging cukup tebal tentunya, dan ini durian dari kebun saya dan keluarga saya sendiri, harga mulai dari Rp 20 ribu, ayo datang langsung ke sini," kata Ranto kepada wartawan belum lama ini.

Terpisah Kades Nangka Sumantri menyebutkan hampir 500 kepala keluarga di Desa Nangka memilik kebun durian. Meski panen tahun ini lebih sedikit, namun penjualan durian tetap normal dengan harga terjangkau mulai dari harga Rp 20 ribu.

Ia menceritakan nama desa ini disebut Desa Nangka karena warga dulunya saat berkebun selalu beristirahat dibawah pohon nangka.

"Alhamdulillah, berkah durian di Desa Nangka, pohon nangka malah sedikit di desa kita, karena pohon durian tumbuh subur di sini. Dulunya sebelum ada nama desa ini, warga berkebun selalu berteduh di bawah pohon nangka, jadi akhirnya disebut Desa Nangka, Alhamdulillah musim durian jadi penghasilan tambahan bagi warga kita, silahkan para pecinta durian datang langsung ke Desa Nangka" ujar Sumantri, Sabtu (26/12/2020). (raw)

Diatas Footer
Light Dark