Belajar Bahasa Inggris Sambilan, Mengapa Tidak?

  • Whatsapp
Penulis : M. Dwi Hardani, M.Pd
Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Merawang, Bangka, Babel

Salah satu dampak nyata dari Pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran adalah berkurangnya interaksi antara guru sebagai pendidik dengan para siswa sebagai peserta didik. Dari yang biasanya bertatap muka dan berinteraksi langsung di kelas, pembelajaran saat pandemi Covid-19 banyak dialihkan ke pembelajaran jarak jauh (PJJ), utamanya dilaksanakan melalui dalam jaringan (daring/ online). Tentu saja, dalam pembelajaran jarak jauh, peserta didik diharapkan untuk banyak belajar mandiri, karena interaksi antara guru dan peserta didik sangat terbatas. Hal ini tentu saja akan berimbas pada menurunnya penguasaan peserta didik terhadap pelajaran yang dipelajari melalui proses pembelajaran jarak jauh tersebut.

Bagi penulis sebagai pengajar Bahasa Inggris, berkurangnya interaksi dengan peserta didik berarti pula berkurangnya paparan/ eksposur peserta didik terhadap Bahasa tersebut. Hal ini dikarenakan sebagian besar peserta didik hanya menerima paparan Bahasa tersebut dari guru di kelas saat proses belajar mengajar saja. Padahal, paparan Bahasa tersebut sangat penting jika kita akan mempelajari suatu Bahasa. Tentu, dengan dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh, peserta didik harus berusaha sendiri dalam mendapatkan paparan Bahasa tersebut. Untung saja, banyak cara lain dapat dilakukan peserta didik untuk mendapatkan paparan tersebut, yang bahkan dapat dilakukan secara sambilan.

Read More

Berikut adalah beberapa cara sambilan yang dapat dilakukan peserta didik untuk dapat belajar Bahasa Inggris. Pertama, Sambil Mendengarkan Lagu. Lagu merupakan sebuah teks yang dinyanyikan. Lagu berasal dari sebuah karya tertulis yang diperdengarkan dengan iringan musik. Mereka yang mendengarkan lagu bisa merasa sedih, senang, bersemangat, dan perasaan emosi lain karena efek dari lagu yang begitu menyentuh. Selain itu, lagu mampu menyediakan sarana ucapan yang secara tidak sadar disimpan dalam memori di otak. Hampir semua orang senang dengan lagu karena lagu mempunyai karakteristik menyenangkan dan mewakili banyak orang karena variasi jenis lagu yang begitu banyak.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan menunjukkan betapa efektifnya menggunakan lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dari beberapa yang pernah penulis baca, dapat dirumuskan beberapa keuntungan dari mendengarkan lagu sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris, yaitu: 1) lagu membuat kita rileks. Mendengarkan lagu membuat otak rileks. Perasaan menjadi senang. Dengan perasaan senang, maka akan mudah menerima pelajaran. 2) dengan lagu kita dapat mendengar ucapan langsung. Dengan mendengarkan sebuah lagu, pembelajar bisa mendengarkan langsung cara mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Ini tentu berbeda dengan hanya melihat di kamus. 3) lagu membuat kita jadi aktif. Maksud dari aktif disini adalah manakala seorang pembelajar mendengarkan sebuah lagu Bahasa Inggris ketika ia mulai menyenanginya, maka ia akan ikut bersenandung. Senandung itulah yang menunjukkan orang itu aktif memproduksi ujaran. Terakhir, lagu membuat kita tidak bosan. Kebosanan ditimbulkan dari pembelajaran yang tidak menyenangkan. Mendengarkan lagu yang enak adalah kegiatan yang menyenangkan. Tentu bisa mengusir kebosanan.

Related posts