Bawaslu Bateng Rekrut Panwaslu Kelurahan dan Desa

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Robianto

RAKYATPOS.COM, KOBA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah kembali merekrut pegawai di tingkat kelurahan dan desa dalam rangka melakukan pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 di wilayah itu.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto mengatakan pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa ini menindaklanjuti Surat Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor 0215 tentang pedoman pelaksanaan pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa Tahun 2020 tanggal 06 Februari 2020.

“Ini dasar pembentukan PKD yang kita lakukan,” ujarnya, Rabu (12/02/2020).

Diungkapkannya, PKD ini akan dibentuk di 56 desa dan 7 kelurahan yang tersebar di enam kecamatan di Bangka Tengah. Setiap kelurahan/desa nantinya terdapat 1 orang PKD yang ditempatkan.

Baca Lainnya

“Tahapan pembentukan PKD ini akan dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan,” kata pria yang juga menjabat sebagai Koordinator Divisi, SDM, Organisasi, Data, dan Informasi.

Ia menjelaskan penerimaan pendaftaran mulai tanggal 16-22 Februari 2020. Ia mengajak masyarakat di Bangka Tengah yang berminat untuk bergabung bersama Bawaslu Bangka Tengah untuk menjadi PKD Pilkada Serentak 2020.

“Mari bergabung bersama kami, jika memang sudah memenuhi persyaratan, misalnya usia minimal 25 tahun pada saat pendaftaran, tidak terlibat partai politik atau tim kampanye pada pemilihan sebelumnya, pendidikan minimal SLTA sederajat,” tuturnya.

Ia menyampaikan proses seleksi calon PKD kali ini agak berbeda dari sebelumnya pada Pemilu 2019. Sekarang ini tahapan penerimaan berkas pendaftaran, penelitian administrasi, dan tes wawancara dilaksanakan bersamaan.

“Dalam rekrutmen PKD ini tidak ada tes tertulis. Jika berkas pelamar sudah dinyatakan lengkap dan lulus administrasi, maka pelamar tersebut dapat mengikuti tes wawancara pada hari itu oleh Panwaslu Kecamatan,” terangnya.

Ia menambahkan seluruh tahapan pembentukan PKD ini akan dilakukan Panwaslu Kecamatan. Bagi masyarakat yang berminat dapat menghubungi atau mendatangi kantor Panwaslu Kecamatan di kecamatan masing-masing.

“Untuk informasi pendaftaran dan formulir pendaftaran, dapat diambil di seluruh kantor desa, kelurahan, camat, ataupun Kantor Panwaslu Kecamatan. Di kantor-kantor itu semua sudah disebar informasi pendaftaran dan formulir pendaftaran,” imbuhnya.

“Formulir pendaftaran juga bisa diperoleh dengan mengunduh langsung di laman www.batengkab.bawaslu.go.id atau melalui akun-akun media sosial Bawaslu Kabupaten Bateng,” tambahnya. (ran).

Related posts