Bawaslu Bangka Tengah Sambang Pengawasan ke Desa-desa

  • Whatsapp
Kegiatan Sambang Pengawasan Bawaslu Bateng, Rabu (22/1/2020).(foto: Muhammad Tamimi)

RAKYATPOS.COM, KOBA– Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melaksanakan program bertajuk “Sambang Pengawasan” dalam rangka mengembangkan kegiatan pengawasan partisipatif di wilayah itu.

Bekerjasama dengan kecamatan, pemerintah desa dan kelurahan secara perdana kegiatan ini dilaksanakan pada empat titik, yakni Desa Keretak dan Desa Keretak Atas Kecamatan Sungaiselan dan Desa Terak, serta Desa Pasir Garam, Kecamatan Simpang Katis, Rabu (22/1/2020).

Read More

Hadir pada kegiatan sambang pengawasan ini, anggota Bawaslu Bateng Muhamad Utoyo dan Wahyu Tri Buwono, Ketua Panwas Kecamatan Sungaiselan Doddy Septra Supartien, Ketua Panwas Kecamatan Simpangkatis Mintaria, anggota Panwas Kecamatan Sungaiselan Sarkawi dan Samsuni, anggota Panwas Kecamatan Simpangkatis Hermanto dan Ilmi Nurul Soleha.

Turut hadir Plt Kepala Desa Keretak Atas Rosidan, Kepala Desa Keretak Ahmad Nurihsan, Kepala Desa Terak Haryono, Kepala Desa Pasir Garam Munzilin, perangkat desa, ketua RT dan masyarakat desa setempat.

Pada kesempatan ini Wahyu Tri Buwono selaku Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa menyampaikan beberapa hal yang menjadi fokus pengawasan pada pemilihan mendatang dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

“Sosialisasi yang disampaikan ini terkait netralitas perangkat desa dan kelurahan, pengawasan pada pemuktakhiran data pemilih, pengawasan masa kampanye, pengawasan masa tenang, sosialisasi penggunaan medsos yang bijak serta sosialisasi tentang dugaan pelanggaran menjelang Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 mendatang,” ujar Wahyu.

Sementara itu, Muhamad Utoyo selaku Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah. Sebelumnya, Bawaslu Bateng sudah melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) program Sambang Pengawasan antara Bawaslu Bateng dengan camat se- Bangka Tengah pada kegiatan rapat koordinasi stakeholder akhir tahun 2019 kemarin.

“MoU ini dimaksudkan untuk membangun kerja sama dengan ruang lingkup untuk melakukan sosialisasi di 63 desa atau kelurahan yang tersebar di enam kecamatan di wilayah Bangka Tengah,” jelas Utoyo.

Dengan terlaksananya program Sambang Pengawasan tersebut, Bawaslu, kata dia, mengharapkan dukungan dari seluruh stakeholder terkait dalam mengawasi seluruh tahapan Pilkada Tahun 2020 serta berharap terlaksananya pemilihan kepala daerah yang demokratis di wilayah Bateng didukung oleh masyarakat demi terwujudnya pesta demokrasi yang aman, jujur adil dan terkendali. (ran)

Related posts