Barometer Masyarakat, Personel Polres Dirazia Satlantas dan Propam

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Guna memberikan tauladan yang baik kepada masyarakat, Jajaran Satlantas Polres Pangkalpinang bersama Sipropam menggelar razia bagi personel yang akan bertugas di Mako Polres Pangkalpinang, Jumat (5/6/2020) pagi yang dimulai sekitar pukul 06.30 WIB.

Razia ini lebih difokuskan bagi anggota dengan memeriksa surat-surat dan kelengkapan kendaraan serta sepeda motor dinas maupun pribadi yang menggunalan knalpot racing.

Selain itu juga, razia ini terpantau masih tak sedikit warga yang memakai knalpot bersuara bising atau brong.

Kasat Lantas Polres Pangkalpinang, AKP Sriyadi mengatakan, penertiban knalpot, kelengkapan kendaraan dan kelengkapan surat-surat terhadap anggota ini dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat.

Baca Lainnya

“Kita dari Jajaran Satlantas Polres Pangkalpinang bersama-sama dengan Sipropam melakukan penertiban ini agar kita bisa memberikan contoh kepada masyarakat. Apalagi, kita ini aparat penegak hukum harus disiplin dan tertib dalam berlalu lintas,” ujar Kasat Lantas ditemui rakyatpos.com, disela-sela razia ini yang didampingi Kasi Propam Iptu Candra Harsono.

Ia menegaskan bahwa razia ini merupakan upaya nyata untuk menidak tegas pelanggar lalu lintas.

“Apabila kita sudah disiplin, kita juga akan melakukan tindakan-tindakan penegakan hukum lalu lintas kepada masyarakat. Kita tidak akan pandang bulu baik masyarakat maupun anggota Polri tetap ditertibkan,” tegasnya.

Sriyadi menjelaskan ada beberapa anggota yang terjaring dalam razia ini, seperti tidak menggunakan helm, tidak ada spion dan ada pula yang menggunakan knalpot racing.

Penegakan hukum terhadap anggota yang terjaring tidak ada beda dan tetap sama dengan warga.

“Tindakannya sama, teguran, ganti knalpot dan melengkapi spion, surat-surat motor dan wajib memakai helm. Sekali lagi, kita lakukan tindakan ini secara besar-besar baik masyarakat maupun anggota Polri,” tambah Kasat Lantas.

Kasi Propam Iptu Candra Harsono menambahkan Propam sangat mendukung langkah Satlantas dalam penegakan hukum terhadap anggota Polri yang melanggar lalu lintas.

“Disamping kami melakukan pengawasan dan pengamanan giat lalu lintas, kami juga melaksanakan Operasi Gaktiblin, khususnya ditujukan kepada anggota Polres Pangkalpinang. Jadi, sebelum kami menertibkan masyarakat terlebih dahulu harus menertibkan personel karena mereka baromoter atau contoh yang akan dilihat oleh masyarakat. Kalau anggota Polri saja tidak bisa disiplin, bagaimana bisa menertibkan masyarakat,” pungkas Candra.

Sepeda motor yang milik personel maupun warga yang terjaring dalam razia ini dibawa ke Mako Satlantas Polres Pangkalpinang sembari menunggu pemiliknya mengganti knalpot brong dengan knalpot standar. (bis)

Related posts