Bandara Depati Amir Mulai Menggeliat, Per Hari Layani 1.700 Penumpang

  • Whatsapp
Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Muhammad Syahril

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Aktivitas di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali menggeliat memasuki kenormalan baru saat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jumlah penumpang berada di kisaran 1.200-1.700 orang setiap hari dengan jumlah penerbangan 7-8 kali.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Muhammad Syahril mengatakan di era normal baru ini, masyarakat sudah mulai beraktivitas seperti biasa, termasuk berpergian menggunakan pesawat. Jumlah penumpang naik 26-30 persen dibandingkan waktu sebelumnya saat satu hari hanya ada satu penerbangan.

“Jumlah penumpang sudah mulai menggeliat dengan adanya kelonggaran ini, diperbolehkan kembali satu airline satu flight per hari, sebelumnya satu hari satu flight, sekarang juga banyak instansi yang melakukan aktivitas,” kata Syahril saat kampanye safe travel di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Selasa (11/8/2020).

Dia mengatakan Bandara Depati Amir Pangkalpinang mengedepankan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Prokes diterapkan kepada penumpang yang akan berangkat menggunakan pesawat terbang dari bandara tersebut.

Baca Lainnya

“Kami sudah menerapkan beberapa hal, mulai dari masuk, penumpang harus cek suhu tubuh, menjaga jarak, di bagian check-in sudah ada pembatas antara petugas dengan penumpang, kami sediakan juga hand sanitizer di beberapa tempat,” kata Syahril.

Syahril menegaskan, saat ini masyarakat sudah harus terbiasa dengan protokol kesehatan Covid-19 dalam menjalani keseharian. Demikian juga dengan di bandara, semua peralatan sudah dirubah agar tidak terlalu banyak yang menggunakan sentuhan jari.

“Di toilet kami menggunakan touchscreen, deteksi jari untuk mencuci tangan di wastafel, kemudian di depan ada disediakan tempat cuci tangan yang menggunakan injak pedal kaki, jadi tidak ada sentuhan jari,” ulasnya.

Dengan save travel campaign, Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang juga membagikan masker kepada para penumpang, sekaligus mengedukasi penumpang untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Intinya kami ingin memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para penumpang, safe airport, healthy airport dan higienis airport, penumpang bisa terbang dengan tenang, nyaman dengan kondisi bandara yang mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

Bandara juga sudah dicanangkan sesuai surat gugus daerah, sebagai wilayah wajib masker, meskipun tidak bisa memberikan sanksi kepada yang tidak menggunakan masker, namun petugas akan memberikan edukasi dan imbauan.

“Kami lakukan kampanye safe travel campaign. Kami berharap masayarakat yakin menggunakan jasa penerbangan merasa nyaman,” ulasnya. (nov/r2)

Related posts