Anggaran Reses DPRD Babel Capai Rp7 M

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Sebanyak 45 anggota DPRD Bangka Belitung (Babel) mulai memasuki reses triwulan pertama 2020, Senin hari ini (20/1/2020) hingga empat hari ke depan.

Muat Lebih

Sekretaris DPRD Babel Syaifuddin menjelaskan, bahwa reses merupakan amanat Undang-undang. Dan pihaknya pun sudah memfasilitasi sejumlah anggaran untuk keperluan reses para anggota dewan untuk bertemu konstituennya di masing-masing daerah pemilihan (dapil).

“Ini agenda rutin setiap tahunnya. Tahun ini anggarannya Rp7 miliar, namun dibagi tiga kali reses. Hasil reses nantinya menghasilkan pokok pikiran yang akan dimasukan di Musrembang pemerintah daerah,” ujarnya belum lama ini.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi. Dirinya mengungkapkan dalam reses ini berbarengan dengan Musrenbang yang dilaksanakan oleh desa dan pemerintah kabupaten/kota guna mencari pokok pemikiran dari masyarakat yang disampaikan melalui DPRD.

“Untuk tahap awal reses untuk menyerap aspirasi secara terstruktur, mana keinginan masyarakat untuk di prioritaskan, bukan pada Musrembang saja, terkait program yang sudah direncanakan diawal tahun, tentunya dengan melihat dilapangan bagaimana perkembangan dan kondisi riil apa yang dibutuhkan masyarakat,” tuturnya.

Dalam menampung aspirasi masyarakat ini, diakui dia, tidak mungkin semua keinginan masyarakat dapat dikabulkan dari reses. Namun lanjut dia, hal ini akan menjadi pemikiran dan pertimbangan DPRD Babel agar dapat disandingkan mana keinginan yang menjadi prioritas dan tidak menjadi prioritas. “Setiap empat bulan melakukan reses, melihat kondisi ini wajib dilakukan terutama banyak anggota DPRD yang baru,” ujarnya. (ron/6)

Pos terkait