Anak Pangkalpinang Wajib Punya KIA

  • Whatsapp

Armada: Prosesnya Mudah dan Cepat

PANGKALPINANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang mewajibkan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak berusia 1 hingga 16 tahun di daerah itu.

Kepala Dinas Dukcapil, Armada mengatakan sampai saat ini pemerintah kota terus menerapkan aturan itu. Bahkan katanya, saat ini telah tercatat lebih dari 91 persen anak yang telah terdaftar dan memiliki KIA.

“Program pembuatan KIA telah dimulai sejak tahun 2014. Sampai sekarang program ini terus digencarkan. Setiap anak yang baru lahir di Pangkalpinang langsung dibuatkan KIA, akte kelahiran dan KK baru bagi keluarganya. Pembuatan KIA sangat mudah,”ujar Armada kepada wartawan, Jumat (3/5/2019).

Baca Lainnya

Kemudahan itu, jelas Armada, yakni proses pembuatannya paling lama satu hari. “Satu hari itu kalau sedang ramai, jika tidak ramai bisa hitungan jam sudah selesai,”sebutnya.

KIA menurutnya selain wajib juga memberikan kemudahan, fungsinya sama dengan KTP bagi orang dewasa, diantaranya sebagai tanda pengenal. “Sekarang saja KIA juga memiliki fungsi lain, sebagai syarat calon peserta didik baru yang akan bersekolah. Inilah manfaatnya,”jelas Armada.

Dia mengimbau agar masyarakat yang belum membuat agar segera mendatangi kantor Dinas Dukcapil Pangkalpinang. “Yang belum membuat KIA untuk anaknya, segera membuat dengan persyaratan membawa foto copy kartu keluarga serta akta anak, proses mudah dan cepat,”katanya.(bum/10)

Related posts