900 Juta Digelontorkan untuk Empat Hari Reses  Anggota DPRD Babel  

  • Whatsapp

 

Read More

RAKYATPOS.COM,PANGKALPINANG – Di penghujung Tahun 2020, 38 anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan kegiatan reses masa sidang II Tahun 2020, terhitung Jumat (4/12/2020) hingga Selasa (8/12/2020) mendatang.

Dari 45 anggota DPRD Babel, kini hanya tersisa 38 orang. Enam anggota DPRD Babel telah resmi mengundurkan diri mengikuti perhelatan pesta demokrasi Pilkada Serentak Tahun 2020, sedangkan satu orang telah meninggal dunia.

“Reses ini sesuai dengan hasil rapat banmus, terkait jadwal DPRD Babel untuk menyerap aspirasi masyarakat daerah pemilihan (dapil) masing-masing,” kata Sekretaris DPRD Babel, M. Haris kepada wartawan, di gedung DPRD Babel, Jumat (4/12/2020).

Dia menegaskan, kegiatan reses ini tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, dengan pedoman 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Dan masyarakat yang diperbolehkan untuk dikumpulkan pada masing-masing pertemuan dibatasi hingga 50 orang.

“Jadi masing-masing dewan melalui pendampingnya dari sekretariat DPRD itu telah menyiapkan untuk protokol kesehatan itu,” terangnya.

Eks Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Babel itu juga menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di masing-masing kabupaten/kota terkait pelaksanaan kegiatan reses ini.

“Kemudian kami juga sudah berkoordinasi dengan Bawaslu provinsi terkait pelaksanaan reses di kabupaten yang sedang melaksanakan Pilkada Serentak seperti Bangka Selatan, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Belitung Timur,” imbuhnya.

Ia juga menekankan kepada para legislator agar dalam melaksanakan reses ini tidak melakukan atau menyelipkan unsur kampanye.

“Jadi kegiatan reses ini murni menyerap aspirasi masyarakat terkait pelaksanaan pembangunan dan rencana pembangunan kedepan, jadi tidak ada sangkut pautnya dengan kampanye salah satu pasangan calon ataupun dari parpol lainnya,” tegasnya.

Terkait anggaran reses ini, disampaikan dia, sudah dibahas dan dianggarkan di Sekretariat DPRD.

“Jadi untuk pelaksanaan operasional masing-masing anggota DPRD Babel itu, seperti makan minum, tenda, sound system, sewa tempat dan lain sebagainya itu diatur sesuai kondisi di lapangan” terangnya.

“Karena saya yakin di suatu wilayah itu berbeda dengan wilayah lainnya dan diatur oleh sekretariat, kemudian untuk masing-masing anggotanya mereka sudah dibekali untuk biaya resesnya. Jadi untuk total anggarannya 900 juta lebih,” pungkasnya. (ron/7)

Related posts