by

Zakat Fitrah Basel Rp 30.000 Per Orang

Banyak ASN Basel tak Bayar Zakat Profesi

TOBOALI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Selatan, telah menetapkan zakat fitrah sebesar Rp 30.000 per orang. Jika diganti dengan beras seberat 2,5 kilogram. Sedangkan fidia Rp15.000 perhari.

Demikian dikatakan Ketua Baznas, Kabupaten Bangka Selatan H Djunaidi Rasyid Rabu (15/5/2019). Selain itu, zakat mal tetapkan 2,5 persen dari penghasilan setahun Rp 43.065.000 dan untuk simpanan mas yang kenakan zakat sebesar 2,5 persen dari 85 gram.

“Hasil ini, akan kami sampaikan kepada masyarakat, dan bagi yang mau membayar bisa melalui Baznas,” imbuhnya.

Di sisi lain, Djunaidi menyebutkan, Baznas Bangka Selatan dan Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan sebesar Rp900 juta. Bantuan tersebut, disalurkan kepada Mustahik di delapan Kecamatan Bumi Junjung Besaoh.

Kepala Baznas, Kabupaten Bangka Selatan, H Djunaidi Rasyid, menyebut, masing mustahik akan mendapatkan santunan sebesar Rp. 400.000 per orang.

Meski begitu, Djunaidi menyebutkan, realisasi zakat profesi di Basel masih sangat minim. Bahkan terdapat beberapa Profesi OPD di Basel yang tidak membayar zakat profesi. Padahal, jumlah zakat profesi yang harus dibayarkan tergolong tidak terlalu besar, kurang lebih sekitar Rp 90.000 perbulan dari penghasilan mereka.

Profesi yang masih minim kesadaran membayar zakat profesi melibatkan Aperatur Sipil Negara (ASN) di beberapa OPD, Guru, kepolisian, kejaksaan hingga anggota DPRD. Namun, yang paling banyak yang berprofesi sebagai guru.

“Paling banyak zakat profesi yang tidak dibayar. Mulai dari ASN, guru, kepolisian, kejaksaan sampai anggota DPRD. Padahal sudah ada perbub nya. Kalau dibagi dua setengah persen dari gaji mereka jadi besarannya sekitar sembilan puluh ribu perbulan,”ujarnya.

Lantaran minimnya kesadaran tersebut, berimbas pada kecilnya capaian dan realisasi zakat profesi dua tahun terakhir. Jika semua ASN membayar zakat profesi maka realisasi zakat mencapai Rp4 miliyar lebih. Tahun 2019, realisasi zakat profesi hanya satu miliyar lebih. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU