Yuswandi Yakin Babel akan Maju

  • Whatsapp

109 Hari Mengabdi untuk Babel

PANGKALPINANG – Mungkin, bagi Dr. Ir. Yuswandi Arsyad Temenggung, M.A., M.Sc, tak pernah terpikirkan untuk mengabdi selama 109 hari di Provinsi Bangka Belitung sebagai pelaksana tugas (Plt) gubernur sejak dilantik pada 27 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.

Yuswandi dipilih oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo untuk mengisi kekosongan jabatan selama Gubernur dan Wakil Gubernur Babel cuti kampanye dalam rangka pemilihan kepala daerah yang secara serentak dilaksanakan di 101 daerah.

Pria kelahiran Palembang, 22 Juni 1957 ini merupakan Sekretaris Jenderal dalam Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Indonesia. Latar belakang akademis merupakan gelar sarjana pertanian dari Universitas Lampung (Unila) serta program master dan doktor dalam jurusan “Regional Science” dari Cornell University, Ithaca, New York, Amerika Serikat.

Bagi Yuswandi, tidak sulit mengawali tugas pertama di Provinsi Babel, berbekal pengalaman yang mumpuni, Yuswandi mulai menjalin koordinasi melakukan konsolidasi bersama internal di Pemprov Babel, bahkan melakukan persiapan pelaksanaan pilkada bersama unsur muspida lainnya.

“109 hari saya bekerja sebagai Plt kira-kira 3,5 bulan, bagi saya merupakan miniatur kehidupan karier selama 35 tahun menjadi birokrat, tak terbayang waktu diperintahkan menjadi Plt, satu pun tak ada yang saya kenal, hanya gubernur itupun cuma 2 menit bertemu, tetapi kemudian bagaimana saya berkomunikasi, hari pertama, saya baca media menyebutkan saya mirip dengan Sekda, nah ini kata saya akan jadi teman, dan menjadikan turunan dimana saya harus bekerja dengan seluruh birokrasi yang ada ,ketika apel banyak terdengar rekaman dari peserta upacara ini menjadi bekal untuk bekerja,” cerita Yuswandi, diakhir masa jabatannya, Minggu kemarin.

Lulusan Cornell University, Ithaca, New York, Amerika Serikat ini melanjutkan, banyak hal yang menjadi tugasnya, diantaranya adalah mengawal pelaksanaan pilkada dan menjaga suasana yang kondusif di negeri Serumpun Sebalai ini.

“Saya beberapa hari harus melihat perkembangan penyelenggaraan pilkada, yang menjadi tupoksi, saya diundang kapolda, disitu saya ada teman baru, apapun saya buat resikonya untuk mensukseskan pilkada, terimakasih pada anggota Forkominda yang luar biasa, dinamika keseharian sama dijalani, Saya berterimakasih kepada seluruh instansi vertikal, hampir semua berkomunikasi,” ujarnya.

Bapak tiga orang anak ini menyebutkan, selain mengawal kesuksesan pilkada, dirinya juga diamanatkan untuk menyelesaikan perda APBD 2017 dan struktur organisasi tata kerja (SOTK) sesuai amanat undang-undang.

“Bupati walikota dan wakilnya di seluruh kabupaten kota di Babel, walaupun tidak intensif tapi pesan keinginan bersama untuk membangun Babel sangat baik, beda titik pandangan tapi untuk tujuan ini dikedepankan, ini merupakan modal dalam membangun Babel lebih baik,” katanya.

Suami dari Ervina Murniati ini mengingatkan, agar Pemprov Babel beserta kabupaten dan kota untuk selalu sinkron dan kompak untuk maju membangun provinsi yang baru memiliki 1,5 juta penduduk ini.

“Banyak yang diperoleh dari Babel tak hanya pandangan geografisnya, pikiran masyarakatnya visi misi aparaturnya, tapi hal-hal prospek kedepan cukup baik, menjadikan optimisme hari esok Babel yang saya lihat selama 109 hari, harusnya masyarakat lebih optimis, tidak ngarang potensi itu ada, SDM cukup, arah kedepan memang demikian tinggal mari jaga sinergi bukan saja dengan seluruh aparatur sipil negara dengan pusat, tapu dengan rakyat,” pesannya.

Pengalaman yang dimiliki Yuswandi akan dijadikan pelajaran bagi pemerintahan di Babel untuk menjadi lebih baik lagi.

“Saya yakin Babel akan maju, banyak potensi yang akan digali dan berkembang menjadikan provinsi ini luar biasa,” tandasnya.

Untuk diketahui, setelah 5 tahun menjalankan studi di Amerika Serikat, Pria asal Tulang Bawang ini menjabat sebagai Asisten Deputi Urusan Moneter Deputi I, Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (EKUIN) pada 1999 hingga 2001.

Kemudian dilanjut dengan menjabat sebagai Direktur Bina Investasi Daerah Ditjen Otonomi Daerah, Departemen Dalam Negeri. Lalu, pada tahun 2002-2004 menjabat sebagai Kepala Pusat Administrasi Kerja Sama Departemen Dalam Negeri.

Di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Yuswandi menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran, Kementerian Dalam Negeri. Pada Juni 2014, dilantik menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri dan menjabat sampai sekarang dan pada oktober 2016 ia dilantik menjadi PLT Gubernur Bangka Belitung. (nov/10)

Related posts