Yoseph: Nabung Saham Tidak Sulit

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Pangkalpinang, Yoseph Kaburuan mengatakan berinvestasi atau menabung saham tidak sesulit yang dibayangkan. Menurutnya, untuk nabung saham, investor cukup buka rekening di sekuritas, kemudian memilih ingin berinvestasi di perusahaan yang mana.

“Kita bisa lihat bahwa perusahaan yang listing di bursa, bahkan kita juga sering pake produknya, seperti Unilever, bahkan ada yang kerja di PT Timah, investasi saham itu juga enggak mahal, bahkan selama bulan inklusi keuangan ini semua pembukaan rekening kita fasilitasi dan subsidi,” kata Yoseph kepada wartawan, Kamis (24/10/2019).

Baca Juga

Di pasar modal, lanjutnya, bisa sama-sama untung dan sama-sama rugi dan paling tidak, investor mendapatkan tiga keuntungan dari pasar modal. “Keuntungan ada tiga, capital gain atau selisih harga beli saham, kita sudah dapat keuntungan jika menjual saham lebih besar dari harga beli awal, kemudian dapat juga dividen dari setiap keuntungan perusahaan,” jelasnya.

Saat ini, Yoseph menambahkan, ada 4.300-an investor Babel sudah bergabung dalam pasar modal dan jumlah tersebut terus meningkat dibandingkan sejak pertama BEI hadir di Babel.

Pihaknya, melalui program “Saatnya Milenial Nabung Saham” menyasar kalangan muda untuk dapat ikut menabung saham. Tak hanya itu, lanjut dia, BEI juga menggelar sekolah pasar modal di beberapa kampus dan untuk masyarakat umum.

Seperti di STMIK Atma luhur, katanya yang sudah membuka 250 rekening efek, di UBB 100 lebih, di Pertiba dan di Belitung pihaknya menggelar edukasi pasar modal.

“Puncaknya pada 27 Oktober mendatang, di BTC, kita juga mengajak wali kota untuk bisa bergabung, ada seminar, dan hiburan artis lokal, seperti Gamma1,” ulas Yoseph.

Dia menegaskan, hal ini dilakukan untuk mengajak masyarakat Babel mengenal pasar modal lebih jauh dan sekarang ajaknya, sudah waktunya nabung saham. (nov/10)

Related posts