Yan Megawandi “Kabur” dari Babel

  • Whatsapp

Tinggalkan Jabatan Sekda, Jadi Widyaiswara
Yulizar Adnan Jabat Plh Sekda Babel

PANGKALPINANG – Kabar mengejutkan datang dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel). Pejabat eselon I, Yan Megawandi meninggalkan jabatannya selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Babel.

Meski sudah diduga jauh sebelumnya bahwa Gubernur Babel, Erzaldi Rosman akan mengganti jabatan sekda yang dijabat oleh Yan, namun tak pernah terdengar gembar gembor jabatan Sekda itu secepat ini akan berganti. Yan pun memilih “kabur” dari Pemprov Babel.

Dan sejak 21 Juni 2019 lalu, posisi Sekda Babel sementara diisi oleh Yulizar Adnan yang menjabat sebagai Pelaksana harian (Plh), sebelum jabatan sekda definitif ditentukan.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman tak menampik, jika jabatan Sekda sudah kosong, dan sementara diisi Plh. Ia menjelaskan, sekda yang lama, Yan Megawandi sudah mengajukan diri untuk menjadi Widyaiswara (WI) ke pemerintah pusat dan surat permohonan tersebut telah disetujui oleh Presiden.

“Jadi begini, sebelumnya Pak Yan telah mengajukan diri untuk menjadi Widyaiswara Utama, saat ini surat Presiden terkait hal ini sudah keluar. Beliau sudah lama mengajukan diri menjadi Widyaiswara di Lembaga Administrasi Negara (LAN),” jelas Erzaldi kepada wartawan, Sabtu (22/6/2019).

Ia membantah, jika Yan Megawandi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekda. Tetapi memang keinginan Yan untuk menjadi WI dan meningkatkan jenjang kariernya.

“Bukan mengundurkan diri ya, beliau meminta menjadi Widyaiswara Utama, dan karena itu kami harus mencari pengganti Pak Yan,” imbuhnya.

Untuk mengisi kekosongan jabatan sekda ini, Pemprov melalui Tim Baperjakat akan membuka seleksi terbuka yang dilaksanakan oleh BKPSDM dalam waktu dekat. Karena jabatan ini sangat strategis dan penting, sehingga tidak dibiarkan mengalami kekosongan terlalu lama.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Babel, Sahirman Jumli, mengakui bahwa memang Yan Megawandi, tak lagi menjabat sebagai Sekda Babel terhitung tanggal 21 Juni 2019.

“Pak Yan sudah menjabat lebih dari 2 tahun dan sudah bisa dievaluasi, kedua untuk penyegaran,” ulasnya.

BKPSDM, akan membuka seleksi terbuka jabatan sekda setelah mengantongi rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Open biding, kalau sudah mendapatkan rekomendasi dari KASN akan langsung kami lelang, rencana pergantian sudah kita sampaikan ke pusat,” tambahnya.

Sahirman juga membenarkan, jika SK presiden terkait jabatan Yan beralih ke Fungsional sebagai Widyaiswara Utama yang sudah ditangan. (nov/1)

Related posts