Woww… Harga Lada Tembus Rp152 Ribu

No comment 547 views


Zainal: Tertinggi Sepanjang Sejarah Babel

PANGKALPINANG -Komoditi rempah-rempah jenis lada putih asal Provinsi Bangka Belitung (Babel) saat ini sepertinya mulai menjanjikan. Harga lada di pasaran saat ini menembus angka tertinggi yakni Rp 152 ribu per kilogram.
“Harga lada saat ini sudah tembus Rp 150 hingga 152 ribu/perkilogramnya. Ini adalah harga yang menjanjikan bagi kesejahteraan petani lada,”
kata Ketua Badan Pengolahan Pengembangan dan Pemasaran Lada (BP3L) Bangka Belitung (Babel), Zainal Arifin, kepada Rakyat Pos, Jumat (16/1/2015)
Bahkan menurut Zainal, harga tersebut merupakan harga tertinggi sepanjang sejarah perdagangan lada di Provinsi Babel.
Selain itu, lanjut Zainal, kualitas lada yang dimiliki Babel merupakan lada dengan kualitas terbaik, jika dibandingkan dengan lada dari berbagai daerah dan Negara lain. “Nah, sekarang bagaimana langkah masyarakat Babel untuk meningkatkan produksi lada menjadi lebih banyak, sehingga perekonomian semakin meningkat,”jelasnya.
Untuk itu, BP3L, kata Zainal sudah menyiapkan langkah khusus untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan bibit-bibit unggulan.
Pihaknya menyiapkan teknologi yang modern untuk peralatan dan pembibitan yang ramah lingkungan.
“Sekarang kita siapkan peralatan modern yang ramah lingkungan supaya bisa meningkatkan harga jual lada serta memperpanjang masa umur lada, yang biasanya 5-10 tahun bisa mencapai 14 tahun dan bisa mendapatkan junjung (kayu penyangga tanaman lada),”tukasnya
Zainal meminta masyarakat Babel untuk beralih ke perkebunan lada, pasca pertambangan timah di Negeri Serumpun Sebalai yang sudah semakin sulit.
Menurut dia, masyarakat khususnya petani lada saat ini seharusnya semakin termotivasi untuk mengembangkan lada, karena harga lada sudah semakin tinggi. Katanya, saat ini dan kedepan, Babel dapat mewujudkan masa kejayaan lada seperti dulu (Bum)

Print Friendly
No Response

Leave a reply "Woww… Harga Lada Tembus Rp152 Ribu"