WNA Bangladesh di Bangka Suspect Corona

  • Whatsapp
WNA Bangladesh diduga terjangkit Covid-19 saat dievakuasi tim medis. (Foto: Istimewa)

Enam WNA Dievakuasi untuk Karantina

BELINYU – Satu dari tujuh orang warga negara asing (WNA) asal Bangladesh dicurigai terjangkit Virus Corona atau Covid-19 ketika berada di Masjid Mifahul Ulum, Kelurahan Air Asam, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (21/3/2020).

Keberadaan tujuh WNA ini diketahui tim Kecamatan Belinyu yang sedang melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi masjid. Mereka mengantongi surat kuning dari bandara sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19.

Melihat keberadaan WNA tersebut, Camat Belinyu Sarly Nopiansyah langsung berkoodinasi dengan tim Puskesmas untuk mendata dan memeriksa kesehatan ketujuh orang ini.

Baca Lainnya

Menurut Sarly, pengecekan kesehatan diberlakukan semua terhadap masyarakat dan tamu yang datang ke Belinyu. Dari keterangan yang didapat, ketujuh WNA asal Bangladesh ini Jemaah Tabligh berasal dari Thailand dan 2 hari menginap di Jakarta, lalu terbang ke Pangkalpinang pada 13 Maret 2020.

“Mengenai informasi ini, kami sampaikan Sabtu kemarin (21/3/2020) saat kami sedang melakukan penyemprotan diinspektan kami bertemu rombongan dari Bangladesh di Masjid Miftahul Ulum. Kami berkoordinasi dengan pihak Puskesmas untuk dilakukan pengecekan data awal kesehatan. Pengecekan ini diberlakukan untuk masyarakat dan tamu yang datang ke Belinyu yang datang dari luar Bangka,” jelas Sarly kepada wartawan tadi siang, Minggu (22/3/2020).

Saat itu, didapati 1 jemaah mengalami batuk, demam, panas tinggi dan langsung dibawa ke RSUD Eko Maulana Ali Belinyu. Dari informasi, pasien tersebut kemudian dirujuk ke RSUD Depati Bahrin Sungailiat untuk diisolasi.

Mendapati kasus ini, tim kecamatan dan Puskesmas Belinyu mengevakuasi sisa jemaah lainnya yang masih berada di Masjid Miftahul Ulum menggunakan ambulan RSUD Eko Maulana Ali dan dibawa ke Markas Jemaah Tabligh di Jalan Gajah Mada Pangkalpinang dini hari tadi pada pukul 02.00 WIB.

WNA Jemaah Tabligh asal Bangladesh saat diperiksa petugas Puskesmas di Masjid Miftahul Ulum, Belinyu. (Foto: Istimewa)

Menurut Sarly, saat ini pihaknya sudah berkoodinasi dengan Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung untuk ditindaklanjuti mengenai karantina 7 orang WNA yang dievakuasi dari Masjid Miftahul Ulum dan RSUD Sungailiat. (2nd/1)

Related posts