Waspada! Mulai Ada ODP di Belitung Positif Covid-19

  • Whatsapp
Mikron Antariksa ketika diwawancarai wartawan. (Foto: Dok)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang tidak memiliki gejala-gejala terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) harus mulai waspada dan mengikuti protokol pencegahan penyebaran virus yang telah ditetapkan pemerintah.

Sebab, saat ini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sudah ada ODP yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19, meski tak memunculkan gejala. ODP ini menambah lagi jumlah temuan Covid di Kabupaten Belitung, sehingga Provinsi Bangka Belitung kini mencatat empat orang terkonfirmasi terinfeksi Corona, yang sebelumnya hanya tiga orang.

Dengan begitu dua orang di Pulau Belitung terdata positif disusupi Covid-19 dan dua orang lagi di Pulau Bangka, dengan satu pasien meninggal dunia.

“Iya, pertanggal 11 April 2020 terdata empat orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Babel, data tersebut dikeluarkan gugus tugas Covid-19 pusat,” jelas Ketua Sekretariat Puskodalops Tim Gugus Tugas Covid-19 Babel, Mikron Antariksa, Sabtu (11/4/2020).

Baca Lainnya

Berdasarkan laporan yang diterimanya, kata Mikron, pasien positif ini berasal dari Kabupaten Belitung yang masuk dalam daftar Orang Dalam Pengawasan (ODP).

“Yang bersangkutan sudah jalani pemeriksaan, hasil specimen pertama negatif kemudian specimen kedua positif,” paparnya.

Ia menyebutkan, diduga yang bersangkutan merupakan pasien pertama transmisi lokal.

“Hingga saat ini terus ditelusuri dan dikonfirmasi oleh instansi terkait di daerah,” jelas Mikron.

Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Provinsi Babel, mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mentaati anjuran dan aturan yang dikeluarkan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami imbau ke masyarakat, terutama ODP tidak terkecuali semua masyarakat untuk meningkatkan physical distancing dan tetap di rumah saja, tingkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, jaga kebersihan lingkungan dan lainnya,” pintanya.

Sementara itu, pasien terkonfirmasi positif pertama di Babel, kembali membuat video yang membuat masyarakat sedikit lega.  Karena ia menyebutkan sudah mulai membaik dan tinggal menunggu hasil konfirmasi terakhir untuk hasil pemeriksaan sampel swab negatif.

Mengenakan kemeja rapi, pasien yang akan mencapai kesembuhan ini merekam video testemoninya untuk masyarakat Bangka Belitung (Babel).

Pria yang menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belitung, Dik Dik Kusnadi menceritakan kondisi kesehatannya yang terus membaik, dan dia pun telah mengikuti test Swab sebanyak tiga kali dan hasilnya negatif.

“Saat saya pertama divonis positif Covid-19 sejak itu kondisi saya hingga saat ini terus membaik dan lebih baik lagi, bahkan pada pemeriksaan (Swab) ketiga dinyatakan negatif,” ujarnya dalam video berdurasi 1 menit 25 detik itu.

Kendati telah dinyatakan negatif, namun dirinya kembali diambil swab sekali lagi untuk benar-benar bisa dinyatakan sembuh.

“Saat ini sedang menunggu hasilnya dari pemeriksaan keempat, tentunya kami mohon doa dari masyarakat mudah-mudahan hasilnya negatif,” harapnya.

Tak lupa ia juga berpesan kepada masyarakat untuk terus menumbuhkan rasa semangat dan terus menjaga kebersihan serta kesehatan.

Di akhir video, Dik Dik menambahkan cerita kegiatannya selama masa isolasi dan mengisi hari-harinya dengan ibadah serta berolahraga.

“Pokoknya kita harus selalu semangat, jangan lupa bersih-bersih dan hidup sehat. Di kamar ini lebih banyak waktu untuk beribadah, berzikir, olahraga bahkan bersenandung dalam rangka membahagiakan diri,” jelasnya.

“Yakinlah Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Yang Luar Biasa memberikan waktu terbaik untuk kita,” tutup Dik Dik. (nov/rls/1)

Related posts