by

Waspada! Investor Incar Pulau di Bangka

Bupati Bangka Akui Ada 5 Investor
Tarmizi: Jangan Sampai Pulau-pulau Itu Dilego

SUNGAILIAT – Bupati Bangka H. Tarmizi Saat memerintahkan Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Akhmad Mukhsin untuk sesegera mungkin mendata pulau-pulau kecil yang ada di Kabupaten Bangka. Tidak hanya sekda, para kades pun diperintahkan terjun langsung melakukan pendataan, sekaligus mengukur luas pulau-pulau.
Hal ini perlu dilakukan karena saat ini sudah ada lima investor yang mengincar pulau-pulau di Kabupaten Bangka untuk dimiliki secara pribadi. Untuk mencegah itu, bupati menginginkan agar pulau-pulau tersebut bisa dikeluarkan sertifikat lahannnya oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) menjadi aset daerah. Sehingga tidak bisa dicaplok oleh orang-orang berduit.
“Saya sudah memerintahkan Sekda mendata semua pulau. Ada lima investor yang mengincar pulau-pulau itu. Semua kades diminta turun, ukur luas pulau karena orang banyak mengincarnya. Jangan sampai pulau-pulau itu dilego (dijual-red),” kata Tarmizi, Kamis (28/1/2018) di ruang kerjanya.
Menanggapi ini, Plt. Sekda Bangka Achmad Muksin mengatakan, Pemkab Bangka juga telah menerima surat dari DPRD Bangka agar pulau-pulau yang tersebar di Kabupaten Bangka untuk segera dilakukan pendataan. Dia telah meminta para camat di Kabupaten Bangka untuk proaktif menindaklanjuti hal tersebut.
“Kita dapat surat dari DPRD supaya pulau dapat terdaftar atau memiliki alas hak untuk legalitasnya oleh pemda. Jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum,” kata Muksin.
Kemudian Pemda, lanjutnya akan menindaklanjuti dengan membuat surat ke camat untuk memberikan legalitas alas hak terhadap pulau-pulau di Bangka.
“Kami monitoring belum ada tindaklanjutnya. Kita minta para camat proaktif untuk mendata sekaligus memberikan legalitas itu bersama dengan Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan untuk pendataan pulau-pulau,” bebernya.
Mantan Camat Sungailiat ini tak menampik ada beberapa investor yang sudah melirik pulau-pulau di Bangka. Untuk itu, sebelum dikelola oleh pengusaha, pulau-pulau milik pemda itu harus diberikan alas hak terlebih dahulu.
“Nanti kerjasama pemanfaatan pulau-pulaunya, jadi jangan sampai hilang kepemilikan hak,” tambahnya.
Lebih lanjut Muksin menuturkan, ada pulau yang perlu diberikan alas hak oleh BPN yaitu sebanyak 49 pulau yang tersebar di seluruh Kabupaten Bangka.
“Sebenarnya banyak ada 107 pulau, tapi informasi dari BPN yang perlu alas hak ada 49 pulau,” tukasnya.
Sisanya, menurut Muksin tidak perlu dibuat alas hak karena berbentuk gusung. Kategori ini adalah tanah atau daratan jika air laut surut kelihatan daratan sehingga dianggap pulau. “Tapi luasnya tidak banyak. Sedangkan yang 49 pulau ini benar-benar daratan,” imbuhnya.
Terkait pulau-pulau yang telah dimiliki perseorangan, sayangnya Muksin yang juga menjabat Assisten Setda Bangka ini mengaku Pemkab Bangka belum memiliki data.
“Dimiliki perorangan kita belum mendata. Kita harapkan tidak ada. Kita minta kades untuk mendata itu sesuai surat beberapa waktu lalu ke kecamatan. Pemda akan mengajukan permohonan agar kades membuat alas hak pulau itu. Kami tidak tahu dimana permasalahannya belum diinventalisir. Kami berharap kades yang punya pulau agar segera,” pungkasnya. (snt/1)

Comment

BERITA TERBARU