Warung Amal di Kawasan Hutan Kota Gratiskan Makanan Tiap Jumat

  • Whatsapp
Warung Amal yang berlokasi dekat Kolong Apat, Hutan Kota Sungailiat. Setiap Jumat, pemilik menggratiskan makanan kepada masyarakat.(foto: Riski Yuliandri)

RAKYATPOS.COM, SUNGAILIAT– Sudah hampir dua bulan hadir di Kota Sungailiat, Warung Amal sudah bisa membantu warga yang kurang mampu di lingkungan sekitarnya.

Warung Amal merupakan warung makan gratis yang diinisiasi oleh Umu Sobiah dan kawan-kawannya dimana warung tersebut hanya dibuka setiap Jumat di dekat Kolong Apat, Hutan Kota Sungailiat.

Read More

Meski seluruh makan yang disajikan gratis, wanita yang biasa disapa Sobi tersebut menempatkan kotak infak bagi siapa saja yang ingin membantu.

“Makanan ini gratis untuk siapa saja tapi mungkin ada yang malu jadi kita sediakan kotak infak jadi bisa bayar disitu dan seikhlasnya, tidak bayar juga tidak apa-apa,” ungkap Sobi, Jumat (17/1/2020).

Saat ini, Warung Amal tersebut sudah masuk minggu keenam dibuka dan sudah membantu salah satu warga kurang mampu di Sungailiat dari uang yang dikumpulkan di kotak infak.

“Alhamdulillah dari sini kita bisa bantu sesama kita. Kemarin kita bantu salah satu anak yatim di gang raya, kita bantu kompor gas beserta gasnya karena selama ini hanya menggunakan kompor minyak. Selain itu kita juga berikan kebutuhan sembako untuk sebulan,” tambah Sobi.

Dia mengatakan awal berdirinya Warung Amal itu sendiri bermula dari inisiatif untuk berbagi nasi setiap Jumat.

“Awalnya berbagi nasi, cuma kalau dibagi-bagi saja kurang berkesan maka dibentuklah Warung Amal ini dan  makan gratis bagi siapapun yang mau,” terangnya.

Untuk makanannya sendiri disokong oleh beberapa donatur yang ingin berbagi rezeki dengan sesama.

“Ada teman yang jadi donatur, selain itu warga juga ada yang membantu memberikan makanannya disini baik berupa lauk pauk, kue, buah maupun minuman,” ungkapnya.

Sobi juga mengajak para pelaku UMKM untuk saling berbagi dan memberikan sedikit dagangannya di  Warung Amal sehingga bisa membantu masyarakat.

“Disinikan banyak pelaku usaha kue, jadi silahkan kalau mau berbagi disini. Sedekah itu mudah dengan  sistem gotong royong seperti ini, tidak perlu harus uang, makanan tapi tenaga juga bisa disini,” pungkasnya.

Warung Amal tersebut satu-satunya yang ada di Sungailiat sehingga ia berharap dengan adanya warung tersebut dapat menggerakkan hati warga lainnya yang berkecukupan untuk saling berbagi.

“Mudah-mudahan dengan adanya Warung Amal ini, saudara kita yang lain tergerak untuk membantu  sesama,” harapnya seraya mengatakan warung dibuka setiap Jumat mulai pukul 10 pagi hingga akhir asar.  (mla/10)

Related posts