Wartawati Mesir Diskusi dengan Pokja Jurnalis Basel

  • Whatsapp
Ketua Pokja Jurnalis Basel Dedy Irawan, foto bersama Mahasiwa peserta AIESEC asal Mesir, Yasmeen Badwi yang juga berprofesi sebagai wartawati.(foto: ist).

Tentang Wisata dan Budaya Basel

TOBOALI – Salah satu mahasiwa peserta AIESEC asal Mesir, Yasmeen Badwi yang juga berprofesi sebagai wartawati ini, mengundang Kelompok Kerja Jurnalis Bangka Selatan untuk berdiksusi tentang wisata serta sosial budaya Bangka Selatan.

Diskusi yang digelar di Tourist Information Center, Senin (4/2/2019) ini juga didampingi penerjemah sekaligus jurnalis AIESEC.

Yasmeen mengatakan, dirinya akan menulis tentang pariwisata, sosial budaya Bangka Selatan dan akan dikirimkan ke media yang tergabung dalam Pokja Jurnalis Basel.

Ia menceritakan, dirinya hampir sekitar 10 tahun berkecimpung di dunia jurnalistik. Saat ini, ia melanjutkan kuliah mengambil S2. “Apakah media Pokja Jurnalis Basel bersedia mempublis tulisan saya tentang Bangka Selatan, yang akan ditulis dalam Bahasa Inggris, dan berikan rekomendasi kepada saya tulisan apa yang menarik untuk dijadikan sebuah tulisan?,” kata Yasmeen seraya berharap dapat melakukan liputan berita bersama Pokja Jurnalis Basel.

Sementara itu, Ketua Pokja Jurnalis Basel Dedy Irawan mengungkapkan, Bangka Selatan mengungkapkan Bangka Selatan memiliki potensi yang luar biasa jika digarap melalui tulisan. Apalagi jika artikel Yasmeen juga dipublis di Mesir yang diharapkan tentunya dapat membantu promosi wisata Bangka Selatan.

“Basel punya wisata bahari, seperti di Pulau Kelapan Snorkling dan Diving, dengan karang yang indah, budaya yang menarik jika dibuat menjadi tulisan, ada pahlawan Kreo Panting, budaya Telok Serujo, juga ritual Buang Juang di Lepar Pongok,” jelasnya.

Selain itu, sosial budaya Bangka Selatan juga cukup menarik digarap menjadi sebuah tulisan, seperti Toboali Bangka Selatan yang merupakan pintu masuk narkoba di Provinsi Bangka Belitung. “Bagaimana membuat sebuah tulisan, agar kita mencegah masuknya narkoba serta menekan penyalahgunaan narkoba yang sudah masuk ke tingkat pelajar SMP di Basel,” jelas Dedy.

Sementara itu, Sekretaris Pokja Wiwin Suseno mengajak Yasmeen Badwi untuk hadir dalam kegiatan Hari Pers Nasional 2019 yang digelar Pokja Jurnalis Basel salah satu agendanya adalah Workshop Jurnalistik tingkat SMA se-Basel.

“Nanti Pokja akan bekerja sama dengan AIESEC, kita minta Yasmeen menjadi salah satu narasumber workshop, dia bisa menceritakan bagaimana pengalamannya sebagai wartawati di Mesir,” kata Wiwin. (raw/3)

Related posts