Warga Miskin Digratiskan Urus Akta Tanah

  • Whatsapp

Cukup Bayar Materai

KELAPA KAMPIT – Warga kurang mampu yang ingin mengurus pembuatan akta tanah ataupun transaksi pengalihan hak tanah dapat digratiskan dan hanya membayar materai saja.
Demikian diungkapkan Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Beltim, Yan Septedyas, di Kantor BPN, Selasa (20/8/19).
Syaratnya cukup membawa surat keterangan tidak mampu dari kantor desa.
“Kalau memang ada orang miskin dengan membawa surat keterangan dari desa, kita bisa bantu. PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) saja tidak dibebani apa-apa, pasang patoknya dari beton boleh dari kayu atau bamboo juga bisa,” kata Dyas seusai melantik Camat Kelapa Kampit menjadi PPATS.
Dyas mengatakan saat ini setiap orang punya kesempatan yang sama, baik kaya ataupun miskin. Kantor BPN siap membantu siapa pun yang membutuhkan pelayanan khususnya dalam administrasi pertanahan.
“Diera sekarang ini semua orang sama. Umpamanya mau bikin akta, lapor ke PPAT. Mereka miskin, lapor ke saya pasti akan kita berikan kesempatan,” ujarnya.
Namun ditekankannya khusus untuk pembebasan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), warga miskin yang ingin gratis harus melapor ke Pemkab Beltim terlebih dulu. Hal ini agar biaya BPHTB-nya dinihilkan atau dihapuskan.
“Jadi sebelum bikin akta gratis, harus nihil dulu BPHTB-nya. Kewenangan pemberian nihil untuk BPHTB-nya kan di Pemkab bukan BPN atau Camat. BPHTB-nya nihil dulu baru uang jasanya ke PPATS atau Pak Camat dapat digratiskan,” pungkasnya. (yan/kmf/6)

Related posts