Warga Minta Panitia Tak Rubah Rute Sungailiat Triathlon

  • Whatsapp

SUNGAILIAT- Warga Sungailiat meminta kepada panitia untuk tidak mengubah rute Sungailiat Triathlon yang rencananya akan digelar 15 Juni 2019. Hal itu disampaikan Sekretaris Camat Sungailiat, Al Imran setelah mendapat masukan dari warga.

“Banyak masyarakat kita yang ingin acara triathlon ini melewati kota agar bisa menunjukan kotanya dan warga juga tidak jauh untuk melihat langsung,” kata Al Imran dalam rapat koordinasi Sungailiat Triathlon di Kantor Bupati Bangka, Kamis (23/5/2019).

Dia menerangkan, warga juga antusias menyaksikan event tahunan tersebut dan ingin melihat langsung dari dekat para atlet triathlon beraksi.

“Warga sukanya melihat atlet-atlet ini saat beraksi, kalau langsung ke Lintas Timur, mereka merasa kejauhan. Ditambah lagi kalau rutenya cuma disitu-situ saja (tidak melewati kota-red), acara ini bukan kemajuan tapi malah kemunduran,” tambahnya.

Dari Panitia Penyelenggara Sungailiat Triathlon 2019, Bambang Patijaya mengatakan berubahnya rute triathlon tahun ini karena untuk memenuhi aturan dari triathlon internasional.

“Kita belum 100 persen memenuhi aturan dari triathlon internasional yang tidak melewati jalan kota. Jadi kita alihkan dari Tanjung Pesona (start-red) langsung ke Lintas Timur,” terangnya.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa rute baru tersebut untuk kenyamanan dan kemanan masyarakat serta peserta. “Rute kota itu ramai jadi harus ada penutupan jalan jadi kita rubah, takutnya nanti aktivitas masyarakat malah terganggu,” tambah Bambang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka, Asep Setiawan mengatakan akan melakukan rapat internal bersama bupati dengan penyelenggara.

Menurutnya, masukan masyarakat akan ditampung dan akan dirapatkan kembali dengan Bupati Bangka. Asep menegaskan, rute yang ada masih bisa berubah namun harus persetujuan semua pihak.

“Kita juga harus memikirkan keselamatan dan kenyamanan peserta dan masyarakat. Kita tunggu saja hasil rapatnya nanti, tapi ini masih bisa berubah,” tutupnya. (mg419/10)

Related posts