HEADLINES

Warga Berok Minta Aparat Hukum Stop TI Liar di Pungguk dan Marbuk

RAKYATPOS.COM, KOBA – Aktivitas tambang liar yang beroperasi di wilayah kolong Marbuk, Pungguk dan Kenari kian marak. Meski beberapa kali ditertibkan, namun penambang masih membandel, sehingga meresahkan masyarakat setempat.

Pantauan harian ini dilapangan diketahui sejumlah ponton TI Rajuk sedang beroperasi diwilayah kolong Marbuk, Pungguk dan Kenari. Bukan hanya pada siang hari, namun aktifitasnya beroperasi pada malam hari.

“Aktivitas TI Rajuk liar dibelakang pasar tak pernah berhenti. TI Rajuk beroperasi pada siang hari dan malam hari,” ujar H. Ikron, Toko Masyarakat Berok kepada wartawan, Rabu (07/10/2020).

Dikatakannya, aktivitas TI Rajuk di Marbuk, Pungguk dan Kenari tersebut mengancam keselamatan masyarakat Berok dan sekitarnya. Akibat pertama adalah banjir besar seperti tahun 2016 lalu kembali terulang, kemudian dekat dengan pemukiman warga sehingga mengancam rumah warga dan ketiga suara bising yang bersumber dari mesin TI sangat mengganggu masyarakat.

“Banyak sekali dampak negatif dari aktivitas tambang ilegal di Marbuk, Pungguk dan Kenari. Seperti berakibat banjir besar, mengganggu pemukiman warga dan terganggu dengan suara bising mesin TI,” ungkapnya.

Ia mengharapkan kepada aparat penegak hukum untuk menertibkan aktivitas tambang liar TI Rajuk di wilayah Marbuk, Pungguk dan Kenari, supaya tidak menimbulkan keresahan bagi masyarakat.

“Kami atas nama masyarakat Berok yang tergabung dalam 13 RT diwilayah itu bersepakat tidak setuju TI Rajuk liar di belakang pasar dibuka. Kami setuju agar aktivitas TI Rajuk liar itu ditertibkan pihak penegak hukum dan minta diangkat ,” tukasnya.

Ia menambahkan aktivitas TI Rajuk dibelakang pasar telah lama beroperasi secara kucing-kucingan. Kenapa para penambang bisa berani menambang, bisa jadi ada indikasi keterlibatan oknum aparat yang membekingi aktivitas TI Rajuk itu.

“TI Rajuk liar ini beroperasi sejak lama dan pernah diterbitkan aparat. Tapi, masih juga mengulang dan beroperasi. Kalau berani, berarti ada yang menjamin dan ada yang bekingi,” tandasnya. (ran).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERPOPULER

To Top