by

Wagub: Terima Kasih Kepala BPKP RI, Atas Kerjasama Selama ini

-Moment-156 views

Hadiri Sertijab Kepala Perwakilan BPKP Babel

PANGKALPINANG – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah, Senin (13/8/2018) pagi, menghadiri Serah Terima (Sertijab) Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Babel dari Raden Suhartono kepada Faisal.
Selain Wagub, juga hadir dalam Sertijab yang berlangsung di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel, di Air Itam Pangkalpinang itu, Kepala BPKP RI, Ardan Adiperdana beserta jajaran BPKP Babel, Pejabat dari unsur Forkopimda Babel, Sekda dan Pejabat Struktural Eselon II Pemprov Babel, serta intansi terkait lainnya.
Mengawali sambutannya, Wagub Abdul Fatah menyampaikan terima kasih kepada Raden Suhartono selama memimpin BPKP Babel telah banyak membantu dan mendampingi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dalam mencapai banyak hal, satu diantaranya adalah Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
Kata Wagub, hampir 18 tahun Provinsi ini berdiri, akhirnya di tahun 2018 ini, Pemprov Babel telah berhasil meraih Opini WTP. Ini, ditambahkan Wagub, berkat kerjasama dan pendampingan dari BPKP Babel dibawah kepemimpinan Raden Suhartono.
“Untuk semua itu, terima kasih Pak Raden Suhartono dan jajaran BPKP RI, yang telah membantu kami, sehingga kami dapat mencapai hal itu. Apa yang sudah dirintis pak Raden ini, harapan saya kepada Kepala BPKP Babel yang baru, Faisal, bisa diteruskan,” harap Wagub.


Bahkan memasuki tahun 2018 ini, sambung Wagub Abdul Fatah, Pemprov Babel mencanangkan tekad bahwa antara aplikasi perencanaan, pengelolaan anggaran dan aset serta monitor dan evaluasi antar satu aplikasi dengan aplikasi lain dapat terkonekting SIMDA BPKP RI.
“Sertijab hari ini, kami sedikit menggarisbawahi apa yang kami bangun dan kerjasamakan bersama-sama dengan Pak Raden Suhartono selaku Kepala Perwakilan BPKP Babel sebelumnya. Pertama, Pemprov Babel mampu menerapkan SIMDA Keuangan. Kedua, Pemprov Babel mampu melacak aset yang jelas dan tidak jelas lagi keberadaannya. Ketiga, BPKP Babel mampu memberikan pendampingan dalam pengelolaan keuangan, penataan aset, dan penyelesaian tindaklanjut hasil pemeriksaan atau LHP BPK dan Irjen Kementerian terkait, yang akhirnya di usia ke -18 Pemprov Babel untuk pertama kalinya mendapat Opini WTP,” tegas Wagub.
Oleh karena itu, dikatakan Wagub, ini langkah pertama Pemprov dengan Kepala Perwakilan BPKP yang baru, Faisal. “Mari kira kerjasama membangunan sistem ini, termasuk pendampingan untuk sejumlah Program Pembangunan lainnya seperti KEK Tanjung Kelayang, kemudian penerbangan reguler di Belitung, pemeliharaan jalan, pembangunan tanjung tinggi, pelabuhan penyeberangan, dan sejumlah infrastruktur lainnya,” ajak Wagub.
“Terima kasih kepada Kepala BPKP RI, atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini,” pungkas Wagub Abdul Fatah.
Sementara itu, Kepala BPKP RI Ardan Adiperdana mengatakan, BPKP siap mendukung keinginan Pemprov Babel. “BPKP akan menugaskan Pak Faisal untuk merespon isu-isu yang disampaikan Pak Wagub,” kata Kepala BPKP RI.
Ardan juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemprov Babel, karena selama ini BPKP sudah difasilitasi melaksanakan tugas pengawalan akuntabilitas keuangan dan pembangunan di Babel.
“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Raden Suhartono yang telah dengan baik melaksanakan pengawasan intern pelaksanaan akuntabilitas di Babel,” ucap Kepala BPKP Babel Ardan.
Kepala BPKP RI Ardan menyebutkan, Faisal selaku Kepala BPKP Babel yang baru ini, sudah cukup banyak berkecimpung di pengawasan terkait dengan sumber daya alam. “Kebetulan Pak Faisal juga bertugas dalam Tim Reformasi Birokrasi,” ungkap Ardan.
Berkenaan dengan capaian yang membanggakan, yaitu Opini dari BPK berupa WTP, menurut Kepala BPKP RI, untuk pencapaian WTP tersebut, tentunya atas leadership Gubernur dan Wakil Gubernur dengan didukung jajarannya. “Tanpa leadership dari Gubernur dan Wagub, capaian-capain ini tidak akan terwujud,” tutup Ardan.
Dalam kesempatan itu, juga diserahkan Memori Serah Terima Jabatan dari Kepala Perwakilan BPKP lama kepada Kepala Perwakilan BPKP yang baru, dilanjutkan dengan Penyerahan Laporan Hasil Pengawasan Semester I oleh Kepala Perwakilan BPKP yang baru kepada Wakil Gubernur Babel, serta Penyerahan Penghargaan dari Gubernur dalam hal ini diwakili oleh Wakil Gubernur kepada Kepala Perwakilan BPKP. (adv/imam).

Comment

BERITA TERBARU