Wagub Optimis Belitung Jadi Geopark Internasional

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Bulan Juni, tim UNESCO berencana meninjau kawasan Geopark Belitung. Pemprov Babel bersama Pemkab Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim) saat ini sedang melakukan sejumlah persiapan menyambut kedatangan tim UNESCO tersebut.

Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah optimis geopark di Belitung dapat menjadi Geopark Internasional. Dia menilai kawasan geopark Belitung memiliki keunikan tersendiri.

“Kita masih mempersiapkan mengenai geopark ini, kita sudah yakin mudah-mudahan kita ditetapkan menjadi geopark global, internasional,” kata Fatah kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Untuk itu, tim saat ini masih melakukan berbagai komunikasi dan hal-hal lain berkaitan dengan geopark Belitung, baik penyediaan gedung informasi skala besar di Kelapa Kampit dan juga gedung informasi mini di Tanjung Pendam.

“Di Tanjungpandan akan dibuat gedung informasi geopark mini, tepatnya di eks rumah wakil bupati, sedangkan informasi terpusat yang besar ada di Kelapa Kampit,” ulasnya.

Pada Juni mendatang, dia mengatakan satu atau dua Tim Asesor UNESCO akan melihat bagaimana kesiapan dalam akses menghadirkan geopark nasional dan internasional ini.

“Yang unik adalah geosite, karena bukan hanya bebatuan bertumpuk, tapi ikutan-ikutan lainnya, seperti gate peramun, rasau dan masih banyak lagi,” tutur Fatah.

Tak hanya dihadiri oleh tim dari UNESCO, pada 30 Juni mendatang juga akan digelar Festival Geopark di Belitungdan akan dimeriahkan oleh berbagai atraksi adat dan budaya Babel.

“Kalau ini jadi, akan menjadi data tarik tersendiri bagi wisata, sehingga kita menginginkan, semakin banyak wisatawan yang datang ke Babel ini,” pungkasnya.(nov/10)

Related posts