Wagub: LAM Bisa Jadi Mitra Pemerintah

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) mendorong agar Lembaga Adat Melayu (LAM) Babel dapat segera dikukuhkan. Dengan demikian, LAM dapat memiliki kekuatan dan keabsahan sebagai lembaga di Babel.

Wagub Babel, Abdul Fatah, menyebutkan LAM bisa menjadi mitra pemerintah dalam mengatasi berbagai persoalan yang berkaitan dengan adat budaya dan ciri khas melayu, serta persoalan menyangkut banyak hal yang berkaitan.

“Lembaga Adat ini bisa menjadi mitra pemerintah, apalagi dia bisa lebih cepat menerima informasi dari masyarakat, untuk kemudian didiskusikan bersama apa solusi dari permasalahan yang ada,” kata Fatah, usai memimpin rapat bersama LAM Babel, di ruang Romodong, Kantor Gubernur Babel, Kamis (13/6/2019).

Dia berharap, agar LAM Babel dapat segera dikukuhkan, paling tidak pada peringatan Hari Jadi Provinsi Babel, November mendatang. Untuk payung hukum terbentuknya LAM, lanjut Fatah, memang sudah ada namun akan lebih kuat jika dikukuhkan terlebih dulu.

“Memang ada gelar adat yang sudah ada, itulah yang jadi persoalan, bagaimana legalitasnya dan mengundang keraguan, makanya perlu penetapan lembaga adat ini, maka apa yang sudah dilakukan akan tertata dengan baik,” ulasnya.

Dalam rapat yang turut diikuti Ketua LAM Babel terpilih Prof. Bustami Rachman beserta pengurus, diantaranya Kepala Dinas Pariwisata Babel, Rivai, Kepala Biro Hukum Setda Babel, Maskupal dan Kepala Biro Kesra Setda Babel, Asyraf Suryadin.(nov/10)

Related posts