by

Wagub Dukung Pembangunan Pabrik CPO Jeriji

Pemprov Sedang Cari Solusi Harga TBS

Abdul Fattah

TOBOALI – Rencana pembangunan pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) di desa Jeriji Kecamatan Toboali Bangka Selatan mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Babel Abdul Fattah kepada wartawan usai pembukaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Sport Center Bangka Selatan Sabtu (6/10/2018).

Menurutnya, saat ini, Pemrov Babel sedang mencari solusi agar harga TBS ditingkat petani terus membaik. Salah solusinya adalah penambahan Pabrik CPO sebagai upaya untuk mengatasi monopoli harga yang berdampak kepada anjloknya harga TBS.

“Bagi saya pembangunan pabrik sawit itu harus maju. dengan beberapa tataran, tidak hanya satu tataran maka kita akan memberikan ruang kalau dari suatu sisi mereka tidak mau ambil maka disini yang akan menampung. Dengan terjadinya hal tersebut, kalau disini didirikan pabrik kelapa sawit, maka kesemena-menaan pengusaha sawit dapat kita minimalisir karena kita menghadirkan investor baru sebagai kompetitor,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Pemprov Babel sangat mendukung recana Pembangunan pabrik sawit di Desa Jeriji, namun harus bekerja sama dengan badan usaha yang merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah daerah dan itulah yang terbaik.

“Prakarsa Bumdes Jeriji atas pembangunan pabrik sawit itu lebih tepat dan lebih benar. Karena kita juga tau nawa cita itu dimulai dari pinggiran. Pinggiran itu siapa? desa. Bentuklah lembaga milik desa, Garap itu!!,” tegas Wagub Babel.

Sebelumnya, pro kontra pembangunan pabrik CPO Desa Jeriji berujung damai pada saat Rapat Dengar Pendapat di DPRD Basel Kamis (4/10/2018).

Pihak kontra, Sumadi mempersilahkan perusahaan meneruskan rencana pembangunan dengan syarat semua aturan harus dipenuhi.

Senada dikatakan Wakil Ketua DPRD Basel Samsul Bahri yang memimpin rapat tersebut berharap Pemkab Basel, Pemdes Jeriji serta perusahaan dapat memenuhi aturan atas rencana pembangunan pabrik CPO.

Direktur Bumdes Desa Jeriji berharap dengan hadirnya Pabrik CPO di Desa Jeriji akan menjadi solusi naiknya harga TBS di tingkat petani. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU