Wadah Pembinaan Generasi Millenial

  • Whatsapp
Rizaldy Al Ghifari
Mahsiswa Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung

Gerakan kepanduan adalah sebuah gerakan Pendidikan non formal yang bertujuan untuk melatih fisik, mental dan spiritual para pesertanya dan mendorong mereka untuk melakukan kegiatan positif guna membangun masyarakat. Di Indonesia sendiri Gerakan Kepanduan lebih dikenal dengan Istilah Gerakan Pramuka, merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Gerakan Pramuka sendiri mulai berdiri sejak diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, tentang Gerakan Pramuka, menjadikannya sebagai ruh awal berdirinya Gerakan Kepanduan yang dikoordinir oleh Pemerintah dengan tujuan membentuk generasi muda Indonesia menjadi generasi yang berakhlak mulia dan berjiwa Pancasila agar kedepan dapat membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Dalam pola Pendidikan Gerakan Pramuka terbagi atas beberapa golongan yang didasari dengan penggolongan usia antara lain anggota pramuka yang berusia antara 7 – 10 tahun disebut Pramuka Siaga yang menyelenggarakan Pendidikan Bermain dan bersahabat dengan alam untuk membangun standar moral Pramuka sejak dini yang sesuai dengan Pancasila. Secara filosofis Pramuka Siaga melambangkan masa perjuangan bangsa Indonesia saat masih harus mensiagakan dirinya untuk kemerdekaan dengan membina persatuan antar pemuda yang ditandai berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908. Anggota Pramuka yang berusia antara 11 – 15 tahun dikenal dengan Pramuka Penggalang diambil berdasarkan kiasan dasar Gerakan Pramuka yang bersumber dari romantika perjuangan bangsa dalam melawan penjajah Belanda saat masih melakukan “Penggalangan Persatuan Pemuda Bangsa Indonesia” melalui Ikrar Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.

Read More

Pramuka Penggalang menyenggarakan pola Pendidikan Kepanduan kepada remaja di usia pubertas untuk memperkenalkan jati dirinya dengan kegiatan yang menantang dan penuh semangat sebagai sebuah simbol anak remaja yang enerjik dan rasa keingintahuan yang tinggi. Pramuka Penegak adalah anggota Pramuka yang berusia antara 16 – 20 tahun dengan menerapkan pola Pendidikan kemandirian dan kebebasan berpikir untuk menarik kesimpulan melakukan sesuatu patut atau tidaknya dilakukan. Pola pembinaan pramuka penegak lebih pada orientasi kepemimpinan dan pemecahan masalah yang terjadi, karena di usia remaja yang akan berajak dewasa ini pengkaderan pemimpin Indonesia di masa akan datang perlu dibuahi dengan pola pikir yang dinamis dan berkembang sehingga melahirkan pemimpin yang cerdas baik secara Mental, Intelektual dan Spiritual.

Related posts