by

Wabup: Pengawasan Sangat Membantu OPD

-Bangka Barat-208 views
Wabup Bangka Barat foto bersama disela-sela penyerahan sertifikat sebagai apresiasi kepada OPD, Pemerintah Desa, Puskesmas dan Sekolah atas prestasi yang didapat melalui penilaian internal dari inspektorat berdasarkan hasil evaluasi Sakip, di Kegiatan Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2018, Kamis (27/12/2018), di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat. (foto: ist).

MUNTOK – Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, menyampaikan, dalam manajemen pemerintahan, sistem pengawasan yang baik sangat diperlukan sebagai landasan terlaksananya peran dan fungsi sesuai dengan tujuan perencanaan pembangunan Bangka Barat.

“Berdasarkan Laporan Keuangan Pemda tahun 2017, yang telah diaudit BPK-RI, Pemkab Bangka Barat mendapatkan opini WDP. Jadi, ini jadi pekerjaan rumah bagi kita, Pemkab Bangka Barat. Dengan pengawasan secara berjenjang di lingkungan internal, hendaknya dilaksanakan sedini mungkin, agar dapat meminimalisir penyimpangan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan,” ungkap Markus, saat membuka Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2018, Kamis (27/12/2018) di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat.

Lebih lanjut Markus mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini, tidak lain optimalisasi pengawasan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, guna meraih kembali opini WTP laporan keuangan daerah.

“Pengawasan sangat penting dan sangat membantu OPD-OPD dalam pelaksanaan program. Sehingga kegiatan pembangunan pada setiap OPD berada pada jalur yang benar, sesuai dengan rencana dan alokasi anggaran,” ujar Wabup.

Markus juga berharap, melalui pengawasan berjenjang, dapat memperoleh masukan bagi pengambil keputusan untuk menghentikan atau meniadakan kesalahan, penyimpangan, penyelewengan dan pemborosan, termasuk mencegah terulangnya kesalahan yang sama, agar Kabupaten kita mendapatkan lagi opini WTP di tahun akan datang.

Disela kegiatan itu, Wabup Markus juga memberikan sertifikat sebagai apresiasi kepada OPD, Pemerintah Desa, Puskesmas dan Sekolah atas prestasi yang didapat melalui penilaian internal dari inspektorat berdasarkan hasil evaluasi Sakip, bagi yang tidak ada temuan pada objek pemeriksaan dan bagi yang tercepat menindaklanjuti hasil pemeriksaan oleh inspektorat daerah.

Dalam kegiatan tersebut, selain Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, hadir juga Kepala Perwakilan BPK-RI Babel, Dr. Faizal, Sekda Bangka Barat, Yunan Helmi, Kajari Bangka Barat, Wakapolres Bangka Barat, Kepala OPD, Camat se Bangka Barat, kepala Puskesmas, para Kades serta Kepala Sekolah SD dan SMP se Bangka Barat.(wan/3).

Comment

BERITA TERBARU