Wabup: Dengan Puasa Kita Mengenal Kesengsaraan Orang Lain

  • Whatsapp
Wakil Bupati Bangka Selatan menyerahkan bantuan kepada Pengurus Masjid Al-Hidayah, Desa Kepoh, Kecamatan Toboali, Bangka Selatan, saat Safari Ramadhan, Selasa (28/05/2019).(foto: dedy).

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Selasa (28/05/2019) kemarin, menggelar Safari Ramadhan di Masjid Al-Hidayah, Desa Kepoh, Kecamatan Toboali.

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Basel, Riza Herdavid. Kegiatan diawali pemberian santunan kepada mustahik dan anak yatim secara simbolis oleh Wabup Riza Herdavid, dilanjutkan tausiyah Ustad Syahrullah, buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah. Usai sholat magrib berjamaah, dilanjutkan makan malam bersama, sholat isya’ dan terawih berjamaah.

Riza dalam sambutannya mengatakan, hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan ibadah puasa antara lain mampu menjadikan dirinya sehat jasmani dan rohani.

“Dengan puasa kita bisa mengenal kesengsaraan orang lain. Kita bisa merasakan bagaimana perasaan saudara kita yang mengalami kesusahan. Kita dapat merasakan bagaimana nasib saudara – saudara kita yang tidak seberuntung kita, ” ujarnya.

Ia menambahkan, ibadah puasa bisa menuntun menjadi insan yang mampu mengendalikan diri. “Maka, setelah puasa kelak diharapkan kita menjelma menjadi insan, yang mampu mengendalikan diri dan punya kemauan kuat untuk maju,” harapnya.

Safari ramadhan tersebut, juga dihadiri Camat Toboali, Jusvinar, Kades Kepoh, anggota Basnaz, BKPRMI, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat.

Sebelumnya, Pemkab Basel melaksanakan Safari Ramadhan 1440 H di Rumah Dinas Bupati Basel, Jl. A. Yani Toboali. Pemkab Basel memberikan santunan, bantuan dan hibah bidang keagamaanl. Bantuan hibah bidang keagamaan yakni dari Majelis Ulama Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional, Yayasan Uswatun Hasanah, Yayasan Masjid Al Istiqomah, Yayasan Muslim Toboali, Yayasan Al Hidayah Gadung, Lembaga Musholah Nurul Falah, Lembaga Masjid Al-Musyawaroh.

Selain itu, ada juga bantuan jam digital masjid yang diterima oleh Masjid Agung Parit 3 dan Masjid Al – Muktamar serta bantuan dari instansi lain diantaranya Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Kabupaten Bangka Selatan dan Baznas Basel. (raw/3)

Related posts