Wabup Bateng dan Petani Bawang Panen Raya

  • Whatsapp

 

2

Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh bersama petani bawang merah panen raya di kebun milik Kelompok Tani Bina Harapan Desa Kulur yang berlokasi di Simpang Perlang Kecamatan Koba, Bangka Tengah, Rabu (22/3/2017).

Budidaya tanaman bawang merah itu dalam lahan seluas seperempat hektar dengan estimasi produksi sebanyak 3 ton bawang merah dengan harga jual pada kisaran Rp25.000-30.000 per kilogram. Selain wabup, turut serta Kadis Pertanian Provinsi Babel, Toni Batu Bara, Kadis Pertanian Bateng, Kadis Pangan dan Pelaksana Penyuluh, Kelompok Tani dan masyarakat setempat.

Wabup Bateng Ibnu Saleh menyampaikan budidaya tanaman bawang merah di Bangka Tengah terus-menerus diperluas. Katanya, dalam APBD Bateng 2017 sudah dianggarkan seluas 4 hektar untuk pembudidayaan tanaman bawang merah.

“Pemkab Bateng terus mensuport petani bawang merah, salah satunya melalu anggaran kita dorong, seperti dianggarkan dalam APBD 2017 sudah dimasukkan. Kemudian bantuan dari APBD Provinsi dibantu seluas 2 hektar dan APBN suport 2 hektar untuk benih penangkar,” ujar Ibnu Saleh.

Ia menambahkan, dikembangkannya tanaman bawang merah itu diharapkan bisa menjadikan Bangka Tengah sebagai sentra untuk komoditi bawang merah, termasuk cabai dan tanaman hortikultura lainnya.

“Bukan hanya bawang merah saja yang kita kembangkan, namun tanaman cabai atau jenis tanaman hortikultura lainnya juga kita budidayakan. Makanya, petani terus bersemangat dalam membudiayakannya,” tuturnya. (ran/10)

Related posts