Vaksin Moderna Diklaim untuk Covid-19 ?

  • Whatsapp
Some ampoules with clear liquid. The vials contain Covid-19 vaccine. The vials are placed in a laboratory against a blue background

Perkiraan Waktu Distribusi Vaksin Moderna di Indonesia
Perusahaan farmasi Amerika Serikat, Moderna, telah mengklaim vaksin Covid-19 yang dikembangkannya mampu melindungi hampir 100 persen relawan uji coba dari gejala parah Covid-19. Vaksin modernaVaksin moderna ini juga disebut menunjukkan konsistensi untuk semua usia, ras, etnis dan demografi jenis kelamin manusia. Kemanjurannya inilah membuat berbagai negara banyak yang pesan vaksin ini, termasuk Indonesia. Lantas kapan perkiraan waktu distribusi vaksin moderna ke Indonesia?

Waktu Distribusi Vaksin Moderna di Indonesia

Read More


Saat ini pemerintah Indonesia sudah menetapkan enam jenis vaksin yang akan digunakan masyarakat. Hal ini sesuai dengan isi Surat Keputusan Menteri Kesehatan tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Enam jenis vaksin itu diproduksi oleh enam lembaga berbeda, yaitu Perusahaan farmasi Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer-BioNtech, dan Sinovac Biotech.
Namun, vaksin Covid-19 baru bisa digunakan setelah mendapatkan izin penggunaan pada masa darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sementara BPOM sebelumnya telah mengumumkan rencana untuk mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat vaksin Covid-19 pada minggu ketiga bulan Januari 2021.

Waktu Vaksinasi Akan Dimulai
Meskipun Presiden Joko Widodo telah mengumumkan vaksin Covid-19 akan dibagikan secara gratis untuk masyarakat Indonesia, pertanyaan tentang bagaimana vaksin itu didistribusikan masih belum terjawab. Hal ini karena pemerintah Indonesia belum mengumumkan jenis vaksin yang akan digunakan oleh masyarakat luas.
Menurut Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, pemerintah masih menunggu hasil uji kelayakan dan keamanan dari vaksin, serta otorisasi penggunaan darurat vaksin tersebut. Karenanya, pemerintah sejauh ini hanya masih sebatas menyiapkan kerangka distribusi vaksin.
Selain itu, Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi penduduk keempat terbesar di dunia, maka pemberian vaksin secara gratis kepada masyarakat dapat menjadi kontribusi besar untuk menciptakan kekebalan terhadap virus Covid-19 secara global. Meskipun demikian, pemerintah tidak akan terburu-buru dalam melakukan program vaksinasi Covid-19 ini.
Proses vaksinasi covid-19 akan dilakukan oleh pemerintah secara bertanggung jawab dan tetap mematuhi tahapan-tahapan dari pengembangan vaksin agar vaksin yang digunakan dapat benar-benar aman dan bermanfaat bagi masyarakat untuk memerangi virus.
Tantangan Infrastruktur Distribusi Vaksin
Ada beberapa faktor yang menjadi tantangan dalam pendistribusian vaksin. Terutama di wilayah Indonesia yang luas dan terdiri dari kepulauan dengan jumlah penduduk yang besar. Indonesia sebagai negara tropis dengan suhu dan kelembaban udara tinggi juga menjadi tantangan tersendiri. Hal ini karena vaksin harus disimpan di tempat penyimpanan suhu rendah untuk menjaga keamanannya.
Sebagaimana pendapat dari ahli imunisasi, Jane Supardi, menurutnya persoalan lain yang tidak kalah penting adalah fasilitas khusus untuk menyimpan beberapa jenis vaksin Covid-19 yang membutuhkan suhu sangat rendah, seperti vaksin Pfizer yang harus disimpan pada suhu -70C°. Sementara, infrastruktur untuk menyelenggarakan program vaksinasi dengan menggunakan vaksin yang dapat disimpan dalam suhu lemari es, atau 2 C° hingga 8 C° di Indonesia sudah memadai.
Ini karena Indonesia sudah punya program imunisasi di mana sudah punya armadanya sampai ke tingkat puskesmas. Sudah ada lebih dari 10,000 puskesmas di seluruh Indonesia sehingga lemari es sudah tersedia sampai ke ujung puskesmas. Artinya, kalau penyimpanan untuk suhu 2-8 derajat, 97% Indonesia sudah siap untuk pendistribusian vaksin.
Itulah perkiraan waktu distribusi vaksin moderna di Indonesia. Informasi seputar perkembangan uji coba vaksin corona juga bisa Anda dapatkan melalui aplikasi Halodoc. Selain itu, Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum melalui aplikasi Halodoc tanpa harus keluar rumah. Jadi, jangan ragu lagi yuk segera download aplikasi Halodoc!

Related posts