Urine 1 Anggota Positif Mengandung Ampetamin

  • Whatsapp
Tim Propam dan Dokkes Polda Bangka Belitung sedang melakukan pemeriksaan urine anggota Polres Bangka Selatan.(foto: raw).

Dari Tes Urine Personil Polres Basel
Tim Polda Periksa 3 Jenis Obat Flu

TOBOALI – Tim Propam dan Dokkes Polda Bangka Belitung mendapati 1 anggota Polres Bangka Selatan yang urine-nya positif mengandung Ampetamin. Hanya saja, kandungan itu belum bisa dipastikan positif narkoba lantaran anggota tersebut baru saja mengkonsumsi tiga jenis obat flu.

Tim Polda akan memeriksa lebih lanjut tiga jenis obat tersebut di Bidang Dokkes Polda Babel. Demikian dikatakan Kasubid Provost, Kompol Susanto kepada wartawan usai melaksanakan Tes Urine di Polres Basel Senin (17/4/2017).

“Dari 141 anggota yang kita tes urine, ada 1 anggota yang positif mengandung ampetamin. Tetapi anggota tersebut mengatakan baru saja mengkonsumsi obat flu, ada tiga jenis obat, dan obatnya kita bawa ke Bidang Dokkes Polda untuk diperiksa lebih lanjut. Kita belum bisa mengatakan positif narkoba sebelum hasil pemeriksaan di Dokkes,” jelas Susanto.

Hanya saja, lanjutnya, jika hasil pemeriksaan terbukti narkoba, maka anggota tersebut akan dikenakan sangsi hukum mulai dari kurungan 21 hari hingga penundaan pangkat.

“Jika kita menemukan berulang-ulang 2-3 kali positif narkoba, bisa kita usulkan PTDH. Semua anggota kita periksa, dan jika yang berhalangan hari ini, maka akan dipanggil untuk di cek di Polda,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Basel AKBP Bambang Kusnarianto mengungkapkan, Tes Urine ini adalah program rutin Polda Babel dalam rangka Operasi Gaktiblin (Penegakan Ketertiban dan Disiplin) anggota Polri.

“Ini sifatnya Sidak yang dilaksanakan oleh Tim Propam dan Dokkes Polda Babel, sampel urine di cek. Tes urine ini wajib diikuti seluruh anggota Polres Basel, mulai dari Kapolres, Wakapolres, perwira Polres dan Polsek serta anggotanya,” ujar Bambang.

Menurutnya, jika anggota tidak hadir maka akan diperiksa urinenya di Polda Babel tanpa terkecuali. Bila memang ada yang positif akan ditindak sesuai dengan prosedur dan disiplin Polri.

“Ada 319 personil Polres Basel dan Polsek yang akan diperiksa, semuanya diperiksa tanpa terkecuali. Jika berhalangan diperiksa hari ini, maka akan dipanggil dan diperiksa di Polda. Bila hasilnya ada yang positif mengandung narkoba, maka akan ditindak sesuai prosedur dan disiplin Polri,” tegas Bambang. (raw/3).

Related posts