Upaya Preventif dan Promotif Mengatasi TBC di Masa Covid-19

  • Whatsapp
Penulis: Agus Purnama
Pelaksana Pada Disbudpar Prov. Kep. Babel

Selain masih dilanda wabah pandemi Coronavirus Disease 2019  (Covid-19) yang belum kunjung mereda di negara-negara di dunia, termasuk di Indonesia, masyarakat di seluruh wilayah Negara Kesatuan Indonesia (NKRI) juga harus mewaspadai potensi penularan penyakit menular lain yang umumnya juga sering terjadi di tanah air.

Penyakit menular umumnya lebih berisiko menjangkiti orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah dan tinggal di lingkungan dengan kondisi kebersihan yang kurang baik. Penyakit menular juga dapat meningkat pada situasi atau kondisi tertentu, misalnya pada musim hujan atau bencana alam seperti banjir.

Read More

Di Indonesia, ada 8 jenis penyakit menular yang sering terjadi, yakni : Pertama, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), merupakan infeksi saluran pernapasan yang menyerang hidung, tenggorokan, saluran napas, paru-paru. ISPA diawali dengan panas disertai salah satu atau lebih gejala tenggorokan sakit atau nyeri telan, batuk kering atau berdahak, dan pilek yang disebabkan virus atau bakteri; Kedua, Diare, merupakan gangguan buang air besar (BAB). Penyakit ini ditandai dengan BAB lebih dari tiga kali sehari, disertai rasa mulas, dengan konsistensi tinja cair, dan dapat disertai dengan darah atau lendir. Diare mungkin dianggap sepele padahal dapat berpotensi kematian, terutama pada balita. Diare menular melalui air, tanah, atau makanan yang terkonfirmasi virus, bakteri, atau parasit; Ketiga, TB (Tuberkulosis) masih menjadi pembunuh terbanyak di antara penyakit menular.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) pada 2017, diperkirakan ada 1 juta kasus TB di Indonesia. TB disebabkan oleh bakteri yang menyerang paru-paru, namun bakteri tersebut bisa juga menyerang bagian tubuh lain seperti tulang dan sendi, selaput otak (meningitis TB), kelenjar getah bening (TB kelenjar), dan selaput jantung. Bakteri ini ditularkan melalui udara saat penderita batuk atau bersin; Keempat, Demam dengue, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus dengue. Virus ini menginfeksi manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Demam dengue merupakan penyakit musiman yang umum terjadi di Negara beriklim tropis.

Related posts