Upaya Atasi Kasus Karhutla, odim 0414/Belitung Siagakan Pasukan

  • Whatsapp

TANJUNGPANDAN – Kodim 0414/Belitung menyiagakan pasukannya untuk melakukan upaya mengatasi kasus kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi. Kodim 0414/Belitung menugaskan personelnya untuk stanby 24 jam di Pos Damkar Satpol PP Kabupaten Belitung.

Tujuannya, agar konektifitas informasi antara Babinsa dengan personel yang piket di Pos damkar bisa lebih cepat.

“Ini tidak hanya di Kabupaten Belitung saja tapi juga di Kabupaten Belitung Timur,” kata Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang kepada Rakyat Pos, Rabu (18/09/2019).

Selain itu, Indra juga memerintahkan kepada jajaran Babinsa untuk siaga peralatan seperti golok dan mesin semprot air.

Sehingga jika terjadi kebakaran lahan, jajaran Babinsa bisa melakukan tindakan awal sembari menunggu petugas Damkar tiba.

“Golok itu kan bisa untuk menebang pohon atau ranting yang nantinya digunakan menepok api. Kalau tangan kosong ke lapangan kan percuma juga,” ungkapnya.

Selain itu, para personel TNI/Polri dari Kodim 0414 Belitung, Polres Belitung, Lanud H AS Hanandjoeddin beserta unsur Pemda kembali melaksanakan shalat Istiqo atau salat meminta hujan, Rabu (18/9/2019).

Ustad Khoirul Anam bertindak sebagai imam memimpin shalat berjamaah yang digelar di halaman Makodim 0414 Belitung.

Usai menunaikan shalat, jamaah mendengarkan ceramah yang disampaikan Huzaidi Husein.

“Melihat kondisi sekarang, dimana kemarau berkepanjangan sudah tiga bulan yang mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan maupu lahan. Pada kondisi yang memprihatinkan ini, kami mencoba berupaya meminta kepada yang Maha Kuasa agar diturunkan hujan,” jelasnya. (dodi/3)

Related posts