Upacara Harla Pancasila Pemkot Pangkalpinang, Khidmat

Wawako : Kita Indonesia, Kita Pancasila

PANGKALPINANG – Di bawah guyuran hujan, Kamis (1/6/2017), ratusan pegawai baik PNS maupun honorer di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila ke-72 tahun yang secara perdana digelar tanggal 1 Juni tahun ini, dengan khidmat.

Peringatan Harla Pancasila di Kota Pangkalpinang, yang dilaksanakan pada awal bulan suci Ramadan membawa makna tersendiri bagi masyarakat kota Pangkalpinang. Upacara dipimpin langsung Wakil Walikota Pangkalpinang Muhammad Sopian di halaman kantor walikota.

Dia membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Katanya, upacara dilaksanakan untuk meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,”ujarnya.

Lanjut Sopian, harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk Indonesia adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman.

“Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah kebhinneka tunggal ika-an kita,”sebutnya.

“Oleh karena itu, saya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila,”tambahnya.

“Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia.
Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila,”ujarnya. (bum/10)

No Response

Leave a reply "Upacara Harla Pancasila Pemkot Pangkalpinang, Khidmat"