UMKM Babel Siap Go Internasional

  • Whatsapp

ICSB Siap Lakukan Pembinaan

PANGKALPINANG- Provinsi Bangka Belitung (Babel) sudah memiliki wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menjajal pasar internasional dibawah International Council for Small Business (ICSB). Hal ini sejalan dengan keinginan ICSB yang akan membina pelaku UMKM di Babel.

ICSB Babel yang diketuai oleh Melati Erzaldi ini secara resmi dikukuhkan oleh Founder dan Chairman ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya di gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Minggu (9/12/2018). Bangka Belitung merupakan provinsi ketiga yang dikukuhkan setelah Jawa Barat dan Provinsi Bali.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan ICSB merupakan organisasi internasional dan berpusat di Washington DC, Amerika Serikat. ICSB, katanya beranggotakan 85 negara.

“Kehadiran ISCB membuka peluang go internasional, kehadiran organisasi ini tak perlu bersaing, khusus nanti untuk UKM yang orientasinya ekspor,” kata Puspayoga saat menghadiri pengukuhan ICSB Babel.

Untuk UMKM yang berorientasi ekspor, lanjutnya pemerintah sudah memberikan kebijakan yang membebaskan bahan baku impor untuk dikelola UMKM dan nantinya kembali diekspor.

“Kita buat kemudahan impor tujuan ekspor, jadi IKM dan UKM yang bahan baku dari luar, sekarang dimudahkan, enggak bayar, gratis, diolah, dikerjakan, diekspor enggak bayar lagi, program tinggal ditindaklanjuti saja, artinya tak hanya impor, yang orientasi ekspor juga digarap,” bebernya.

Mantan Wakil Gubernur Bali ini berharap, dengan adanya ICSB Babel juga bisa mendorong produk UMKM Babel go internasional dan mendukung sektor pariwisata.

“Kehadiran koperasi dan UMKM sangat strategis, ICSB bantu ranah go internasional, kita akan kerja sama dengan berbagai BUMN dan juga perbankan. Melalui ICSB, dapat mencetak pengusaha ekspor di Indonesia, meskipun berbisnis UMKM, tetapi pelakunya tetap pengusaha,” tandasnya.

Sementara itu, Founder dan Chairman ICSB, Himawan Kartajaya menyebutkan, Babel merupakan provinsi yang konsen dan begerak cepat untuk kemajuan UMKM di Babel. Lembaga ini, kata dia membina UMKM untuk menjadi UMKM yang tangguh hebat dan berdaya saing, serta go internasional. Ia mewanti-wanti, apabila organisasi ini meminta dana kepada pemerintah.

“Jangan dikasih kalau ISCB minta uang, ndak ada gajinya, kuat kalau mandiri, kalau dikasi dana enggak kuat, terpaksa kompromi, kita payungnya empat pilar,” kata Himawan.

Ia mengapresiasi, ketua ISCB adalah istri gubernur Babel yang dinilainya akan mampu bekerja cepat serta dapat mempengaruhi untuk membuat kebijakan yang tepat bagi sektor UMKM.”Kita mencari orang pinter yang punya pengaruh, bukan organisasi politik, jangan cuma bikin kartu nama,”katanya.

ICSB, lanjut dia, merupakan wadah bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya, dimana organisasi ini bekerjasama dengan stakeholder terkait, BUMN dan lainnya, dan melakukan pembinaan serta penelitian.

“ICSB membantu merangkum koordinir, di tingkat asia dan dunia, setiap enam bulan ada konferensi internasional dan kita akan maju bersama,” katanya.

Perhatian ke UMKM Sangat Tinggi

Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyebutkan, perhatian pemerintah provinsi saat ini terhadap sektor UMKM sangat tinggi dan salah satu pertumbuhan ekonomi yang memberikan pasar potensial dan lapangan pekerjaan adalah UMKM dan kopersi.

“Kehadiran menteri dan founder ICSB ini tak sekedar hadir, tapi datang untuk membantu melihat keseriusan kita dan mendorong kemajuan UMKM yang InshaaAllah sampai ke internasional,” ujar Erzaldi.

ISCB, kata dia, asosiasi internasional yang mewadahi UMKM dan dengan kehadiran ISCB di Babel bisa membuat UMKM go internasional yang menjadi kenyataan dan dengan kehadiran menteri dan ketua ISCB, serta diketuai oleh Melati Erzaldi, ia yakin UMKM Babel akan semakin maju.

ICSB adalah organisasi yang sifatnya nonprofit membantu pengembangan kewirausahaan di tanah air bersama empat pilar pendukungnya, yaitu akademisi, peneliti, pemerintah dan pelaku bisnis

“Saatnya kita go internasional, terimakasih kepada Bank Indonesia, PT Timah dan BUMN lain yang telah membantu kita, UMKM betul-betul sangat mendukung kebijakan dan kehadiran ISCB secara khusus, tidak saja UMKM tapi pariwisata sebagai top grup,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Babel sekaligus menjabat Sekretaris ICSB Babel, Elfiyena menyebutkan dalam struktur organisasi sebagai wakil koordinator wilayah atau Eksekutif Vice President, adalah Indra Sandy, sekretaris Elfiyena, bendahara Akbar Yandi, President Akademik dan Riset Suryandaru, Improvement Ferdinand, E-Commerce and Financing, Putra.

“Inilah orang-orang yang diharapkan dapat menggerakkan UMKM Bangka Belitung sehingga bisa go internasional. Setelah Korwil ICSB dikukuhkan, kita akan road show untuk melantik pengurus ICSB kabupaten dan kota. Kita targetkan akhir tahun ini formatur kabupaten dan kota bisa dilantik. ICSB ini bisa membuka jalan kita untuk go internasional. Selama ini banyak daerah yang belum terinformasikan, nah wadah ini jalur kita untuk itu,” pungkasnya. (nov)

Related posts