Lazada Indonesia

UMK Naik, Gaji Honorer Pemkot Disesuaikan

  • Akan Dibahas Bersama DPRD

Feri_InsaniPANGKALPINANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang belum menetapkan besaran Upah Minimum Kota (UMK) Pangkalpinang tahun 2014. Namun, Sekretaris Daerah (Sekda) Fery Insani menjanjikan akan ada penyesuaian gaji tenaga honorer di lingkungan Pemkot Pangkalpinang, dengan UMK yang saat ini masih dibahas Dinas Sosial Tenaga Kerja dengan dewan pengupahan Kota Pangkalpinang.
“Tentu ada pertimbangan kalau UMK 2014 naik. Akan ada penyesuaian gaji honorer kita,” ujar Fery kepada wartawan akhir pekan lalu.
Lebih lanjut Fery menjelaskan, dalam penetapan besaran UMK pasti telah melalui beberapa pertimbangan. Diantaranya kebutuhan hidup layak, dan kebutuhan lain.Sudah seharusnya kata dia, para buruh atau pekerja diberikan upah yang layak.
“Namun semua tentu harus disesuaikan dari sisi pengusaha, naiknya harus balance. Nah, kalau UMK naik, gaji pegawai kontrak kita akan dinaikkan. Masa’ kami nyuruh perusahaan naikkan gaji buruh, pegawai kami tidak diperhatikan. Tentu kita akan perhatikan,” kata dia.
Kenaikan honorer tersebut, sambung Fery, akan berdampak pada kesejahteraan pegawai honorer dengan tujuan bisa memacu kinerja pegawai sehingga maksimal dalam melakukan pelayanan masyarakat.
“Makanya, nanti akan ada penyesuaian disisi anggaran. Kita juga akan membahas hal tersebut bersama pihak DPRD Kota Pangkalpinang,” tutup Fery. (fan/3).

Tags: