TRC Bangka Segera Dibentuk

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Pemkab Bangka akan segera membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk penanggulangan korban bencana alam yang. TRC yang akan dibentuk tersebut melibatkan seluruh intansi terkait, baik itu Sat Pol PP, Basarnas, Tagana LSM bergerak di bidang sosial seperti Laskar Sekaban, juga melibatkan TNI dan Polri.

“Nanti semua yang terlibat dalam TRC, akan kita buat fungsi dan kewenangan mereka masing-masing dengan dibuatkan SK Bupati Bangka, selaku penanggung jawab,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana Satpol PP Kabupaten Bangka, Ahmad Fauzi kepada wartawan, Jumat (10/3/2017).

Fauzi mengatakan tugas TRC tersebut, adalah dalam rangka penanggulangan saat terjadi dan pasca terjadi bencana.
Di TRC, nantinya akan ada pusat komando penanggulangan bencana, sehingga pelaksanaan sudah sudah terarah dan jelas peran dan fungsi masing-masing, apabila terjadi bencana di Kabupaten Bangka.

“Nanti kita akan gelar rapat kepada personil yang terlibat, untuk membahas, dan menyampaikan peran mereka masing-masing, juga mengajak para kades dan lurah, terutama daerah yang terdata rawan terjadi bencana. Jadi saat terjadi bencana, kita sudah punya peran dan tugas masing-masing misal dinas kesehatan segera membuka posko kesehatan, begitu juga intansi terkait lainya,” jelas Fauzi.

Ditambahkan Fauzi, untuk Kantor Penanggulangan Bencana, berada di seputaran komplek kantor Bupati Bangka dengan nomer telepon 0717. 94197, WA 0821 7857 2569.

“Saat ini, untuk sementara sebelum TRC terbentuk, kita juga sudah bentuk satgas penanggulangan bencana, untuk sementara personilnya aaggota Sap Pol PP yang siap siaga apabila terjadi bencana nantinya,” pungkasnya.(snt/10)

Related posts