Tradisi Ruah Kubur Dimanfaatkan untuk Sosialisasi Pilkada

  • Whatsapp
Sosialisasi yang dilakukan PPK & PPS saat tradisi ruah kubur di salah satu rumah warga di Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat Selasa (1/5/2018). (foto: Cep Susanti)

MENDO BARAT – Tradisi Nisfu Sya’ban atau biasa juga disebut ruah kubur adalah tradisi yang di beberapa desa di Bangka Belitung diperingati dengan meriah. Seperti di Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat. Tradisi menjelang bulan suci Ramadan ini diperingati untuk mendoakan keluarga dan kerabat yang sudah meninggal serta berdoa agar diberikan kesehatan serta keselamatan dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan.

Selasa (1/5/2018), warga dari berbagai penjuru Bangka berkunjung dan bersilaturahmi ke Desa Penagan untuk merayakan tradisi Nisfu Sya’ban tersebut. Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh PPK Mendo Barat dan PPS Penagan untuk mensosialisasikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tahun 2018 kepada masyarakat.

Dedy Andrian, Ketua PPK Mendo Barat didampingi anggotanya Zulpandi dan Hery Purnama menyampaikan bahwa kehadiran masyarakat pada tradisi ini dimanfaatkan dengan melakukan sosialisasi berupa pembagian kalender dan poster sosialisasi sambil mengajak masyarakat untuk hadir pada Rabu, 27 Juni 2018 di TPS masing-masing.

Sementara itu, Ketua PPS Penagan Supardi beserta anggotanya Hafis dan Salman mengatakan bahwa dalam menyemarakkan tradisi Ruah Kubur ini, berbagai kegiatan yang dilakukan Pemdes, Panitia Ruah dan Pengurus Masjid Al Huda Penagan, diantaranya acara doa bersama, tahlil, nganggung serta turnamen sepakbola.

Baca Lainnya

Selain itu juga berbagai perlombaan turut diperlombakan, diantaranya lomba da’i cilik, azan, tahfiz qur’an, sholawat nasyid, puisi islami, busana muslim dan banyak kegiatan lainnya. Masyarakat Penagan menyiapkan berbagai suguhan makanan dan minuman untuk dihidangkan kepada tamu yang datang. Sebagai bentuk sosialisasi, PPS telah memasang spanduk ajakan untuk menyukseskan Pilkada Bangka tahun 2018 di beberapa tempat strategis, diantaranya di halaman masjid dan lapangan sepak bola.

Siti Aminah, Komisioner KPU Bangka Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh PPK Mendo Barat dan PPS Penagan ini.

“Penyelenggara harus jeli memanfaatkan momen. Beberapa kegiatan keagamaan maupun tradisi budaya di Kabupaten Bangka diperingati dengan meriah oleh masyarakat, PPK dan PPS bisa memanfaatkan momen yang mendatangkan masyarakat banyak tersebut untuk mensosialisasikan Pilkada Bangka kepada mereka,” ujarnya.(snt)

Related posts