TPP dan Uang Makan PNS Naik

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang berencana menaikkan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerjanya. Kenaikan TPP itupun akan diiringi dengan peningkatan tunjangan uang makan. Tapi, kenaikan itu baru akan dicicipi oleh pegawai negeri sipil di Pemkot Pangkalpinang pada bulan Februari mendatang dengan sistem rapel.

Read More

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Pangkalpinang, Budiyanto mengakui pihaknya telah menyampaikan usulan kenaikan TPP itu kepada kementerian terkait. Pemerintah pusat pun mengizinkan ada kenaikan TPP dan uang makan tersebut.

“Kenaikan TPP dan uang makan ini mungkin akan dicairkan pada minggu pertama atau kedua bulan Februari. Namun perhitungan kenaikannya dibayar per Januari. Sehingga perhitungan TPP dan uang makan pada Januari akan dirapel dan dibayarkan pada Februari,” jelas Budiyanto.

Namun menurutnya, untuk nominal besaran tunjangan yang naik, sampai saat ini belum diputuskan karena masih dalam tahap penghitungan.

“Tapi besarannya belum tahu. Kalau TPP kita lagi hitung karena membandingkan dengan kabupaten lain mereka lebih besar, jadi harus dihitung dulu,” ujarnya.

Untuk diketahui, rencana kenaikan TPP bagi PNS di Pemkot Pangkalpinang ini pernah disampaikan Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil beberapa waktu sebelumnya.

“Semuanya pukul rata dan berjenjang, dari mulai staf sampai eselon II,” ujar walikota yang biasa disapa Molen ini.

Katanya, kenaikan TPP ini tidak terlalu besar. Dia mencontohkan seperti pada jabatan staf, kenaikannya sebesar Rp500 ribu dan seluruh eselon II menjadi Rp8,5 juta dari sebelumnya sekitar Rp6 juta.

Molen menyebutkan, dalam memperjuangkan kesejahteraan ASN melalui kenaikan TPP ini tentu harus ada yang dikorbankan. Apalagi anggaran Pemerintah Kota Pangkalpinang yang terbatas.

“Sesuai janji saya, tapi minta tolong kenaikan ini tidak begitu besar. Tapi secara bertahap saya rasa lumayanlah. Tapi ingat kenaikan TPP ini juga harus disusul dengan peningkatakan kinerja pegawai,” tegasnya. (bum/3)

JustForex

Related posts