TPA Regional, Solusi Sampah Pangkalpinang

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang, Iwansyah mengatakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional adalah solusi untuk mengatasi permasalahan sampah ibukota Provinsi Babel. Menurut dia, TPA Parit Enam yang sekarang dimiliki Kota Pangkalpinang sebenarnya sudah tidak memenuhi syarat lagi, dikarenakan keterbatasan daya tampung.

“Namun karena ini (TPA Parit Enam-red) adalah lahan satu satunya yang kita miliki, mau tidak mau penggunaannya harus kita optimalkan. Sistem pengelolaannya yang akan kita tingkatkan, anggaran penimbunan kita tingkatkan juga minimal satu kali seminggu,”ujar Iwansyah kepada wartawan, Rabu (12/4/2017).

Menurut Iwansyah, masalah TPA Regional, merupakan kewenangan pihak pemerintah provinsi. Sudah lima tahun dibahas, kata dia, hingga saat ini belum ada kejelasan.

“Untuk lahan TPA dengan kapasitas sampah yang semakin hari semakin banyak setidaknya kita butuh 40 hektar dan itu tidak ada di Pangkalpinang, jangankan lahan segitu, 1x 2 aja sudah mulai susah,”jelasnya.

Dia menyebutkan untuk kapasitas sampah rumah tangga di Kota Pangkalpinang sudah mencapai 150 ton perhari bahkan bisa lebih.

“Kapasitas sampah kita 150 ton perhari bahkan bisa lebih, jadi mau tidak mau kedepan TPA Regional sangat dibutuhkan,” katanya.(bum/10)

Related posts