Today Garden Belitung Belum Kantongi Izin Lengkap

  • Whatsapp
Wisatawan saat mengunjungi Today Garden Belitung di Dusun Munsang, Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk beberapa waktu lalu. (foto: Dodi Iskandar)

Ada Biaya Masuk, Pemda Tak Dapat Kontribusi

TANJUNGPANDAN – Meski terbilang baru, objek wisata Today Garden Belitung di Dusun Munsang, Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk sudah cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun luar daerah.

Saat liburan Idulfitri 1440 Hijriah, tempat wisata ini juga menjadi destinasi alternatif kunjungan wisatawan. Namun sayang, tempat wisata yang diresmikan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie beberapa waktu lalu ini belum mengantongi izin yang lengkap.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPPTSP) Kabupaten Belitung, Hilman mengakui pihak Today Garden Belitung  belum melengkapi semua dokumen perizinan.

Dia mengatakan pihak Today Garden Belitung sudah mengajukan perizinan tempat wisata tersebut melalui Online Single Submission (OSS). BPMPPTSP, dalam hal ini sudah melakukan kunjungan ke lokasi wisata tersebut.

“Mereka mengajukan OSS, bukan melalui kita. Tapi kami sudah berkunjung kesana terkait dokumen yang belum lengkap. Mereka baru akan memproses,” kata Hilman melalui sambungan telepon.

Selain itu, dia mempertanyakan perihal kontribusi tempat wisata itu terhadap pendapatan daerah. Saat ini pihak Today Garden Belitung diketahui telah mengenakan tarif masuk kepada pengunjung.

Untuk masuk ke lokasi wisata tersebut, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 30 ribu per orang saat momen lebaran lalu. Setiap harinya, lokasi wisata ini dikunjungi ratusan orang.

Sementara itu, Kepala Dispenda Kabupaten Belitung, Iskandar Febro membenarkan belum adanya pemasukan bagi pemerintah daerah dari retribusi Today Garden Belitung.

“Belum ada (kontibusi-red) sampai saat ini, kalau soal izin bukan di kita. Porporasi juga tak pernah kita keluarkan,” ujar Iskandar Febro kepada Rakyat Pos, Senin (10/6/2019).

Sekedar diketahui, dengan membayar tiket, pengunjung mendapat fasilitas agrowisata, gunung batu, mini kebun binatang, saung-saung dan pondok, tempat bermain anak, tempat budidaya ikan dan kura-kura serta aquarium ikan hasil laut.

Namun biaya itu, tidak termasuk layanan rumah makan, taman burung parkit, warung kopi, foto kenangan dan mancing di laut (sewa kapal). Pengunjung dikenai biaya lain bila ingin melakukan kegiatan tersebut.

Terpisah, Owner Today Garden Belitung, Toddy mengaku pihaknya didukung pemerintah daerah saat membuka lokasi wisata baru tersebut.

“Pemerintah dan warga sangat mendukung atas dibukanya tempat pariwisata saya. Semua sedang diurus (perizinan-red),” jawab Toddy melalui pesan WhatsApp, Kamis (13/6/2019).

Dia menjelaskan, sebanyak 95 persen pekerja di objek wisata yang ia kelola merupakan warga desa setempat. Hal  ini menurutnya, membantu pemerintah dalam hal lapangan pekerjaan.

Bahkan, Toddy juga mengatakan saat peresmian lokasi wisata tersebut dihadiri oleh jenderal bintang tiga TNI  yang merupakan teman baiknya. (dod/10)

Related posts