TNI Tetap Harus Waspadai Potensi-potensi Ancaman

  • Whatsapp
Plh Kasrem 045/Gaya, Letkol Inf Suhardi

NAMANG – Korem 045/Gaya menggelar upacara bendera bulanan di lapangan Makorem Desa Jelutung, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Jum’at (17/01/2020).

Upacara ini dipimpin oleh Plh Kasrem 045/Gaya, Letkol Inf Suhardi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dengan Komandan Upacara (Dan Up) Kasetum, Kapten Inf Yusuf.

Muat Lebih

Plh Kasrem saat membacakan amanat Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto selaku pimpinan TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, atas pelaksanaan tugas selama kurun waktu 2019.

“Berbagai tantangan yang ada telah berhasil kita atasi dengan baik, namun bukan berarti kemudian kita terlena. Ini tanggungjawab kita untuk untuk terus meningkatkan kemampuan dan kesiapan dalam melaksanakan tugas pokok,” katanya.

Letkol Inf Suhardi menuturkan bahwa tuntutan kesiagaan tersebut terbukti saat terjadi bencana alam di beberapa daerah tepat saat pergantian tahun.

Demikian pula dengan permasalahan di laut Natuna Utara yang eskalatif maupun sparatisme di Papua.

Oleh karena itulah ia menekankan, pengembangan organisasi TNI dengan mengedepankan pendekatan Tri Matra terpadu telah mulai dijalankan.

Demikian pula dengan sinergi dan kerja sama erat dengan instansi-terkait akan terus dilaksanakan. “Tahun 2020 ini, kita akan kembali mengawal dan menyukseskan Pilkada serentak di 270 wilayah. Tentunya, kita bertekad untuk menjamin agar pesta demokrasi tersebut berjalan aman, lancar dan sukses,” imbuh Suhardi.

Selain itu, Plh Kasrem berpesan, TNI tetap harus mewaspadai potensi-potensi ancaman lainya termasuk bencana alam, posisi geografis Indonesia, serta perubahan iklim global menyebabkan bencana tersebut dapat terjadi sewaktu-waktu. “Rencana kontijensi harus kita miliki, latihkan dan koordinasikan,” pesannya.

Lebih lanjut dia menambahkan, demikian pula dengan berbagai upaya pencegahannya, sebagaimana telah ditekankan oleh Presiden Joko Widodo.

Turut hadir para Kasi, Dan/Kabalak dan seluruh Prajurit serta PNS jajaran Korem 045/Gaya. (bis/3)

Pos terkait