TNI AD Buka Pendaftaran Tamtama

  • Whatsapp

NAMANG – Kabar gembira bagi warga negara khususnya masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang secara sukarela ingin mengabdikan dirinya menjadi Prajurit Karier (PK) TNI AD gelombang I TA 2017.

Pasalnya, kini TNI AD memberi kesempatan kepada para pemuda untuk menjadi Tamtama melalui pendidikan Sekolah Calon Tamtama PK.

Pendaftaran penerimaan Tamtama PK TNI AD tersebut bisa melalui Ajenrem 045/Garuda Jaya (Gaya) di Jalan Raya Koba KM 28, Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah.

Adapun persyaratan umum penerimaan Tamtama PK TNI AD tersebut diantaranya warga negara Indonesia (WNI) berjenis kelamin pria, bukan mantan prajurit TNI, POLRI dan PNS.

Selain itu, syarat lainnya seperti beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945, usia per 21 April 2017 tidak kurang dari 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun, Ijazah minimal SMP/Tsanawiyah/sederajat, tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, berkelakuan baik yang dinyatakan dengan surat dari Polres setempat, belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama mengikuti pendidikan dan 2 tahun setelah diangkat menjadi prajurit.

Tak hanya itu saja, syarat untuk mendaftar sebagai prajuit antara lain berbadan sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba dan tidak berkacamata, tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat, tinggi badan minimal 163 cm dan berat badan seimbang.

“Pendaftar calon prajurit Tamtama TNI AD ini harus melampirkan surat persetujuan/ijin orang tua/wali, bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu bapak tiri/kakak/paman/bibi dengan meneliti KTP orang tua/wali. Bagi yang sudah bekerja melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas/jawatan/instansi yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai bila diterima menjadi Tamtama PK TNI AD,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kapenrem 045/Gaya, Mayor Chb Nawawi kepada Rakyat Pos, Kamis (23/2/2017).

Pendaftar juga harus menyertakan pas foto hitam putih 4X6 sebanyak 5 buah, harus mengikuti seleksi administrasi, kesehatan, jasmani, wawancara dan psikologi.

“Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama sekurang-kurangnya 10 tahun, juga bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Calon prajurit juga harus bersedia mentaati peraturan bebas KKN, baik langsung atau tidak langsung. Apabila terbukti melanggar maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus atau dikeluarkan dari pendidikan jika pelanggarannya diketahui pada saat mengikuti pendidikan,” imbuh Mayor Chb Nawawi.

Sementara itu, waktu pendaftaran dimulai sejak 20 Februari hingga 7 Maret 2017 mendatang bertempat di Ajenrem 045/Gaya.

“Caranya dengan mendaftar secara Online melalui ad.rekrutmen-tni.mil.id setelah itu mendaftar ulang di Ajenrem 045/Gaya. Ingat, selama mendaftar tidak dipungut biaya apapun,” ungkapnya.

Persyaratan daftar Ulang yaitu a Pas foto 4X6, 4 lembar, b KTP calon asli, c KTP orang tua/ wali asli, d Ijazah SD, SLTP, SLTA bagi yang memiliki asli, e NEM SD, SLTP, SLTA asli, f Akte kelahiran asli, g Kartu Keluarga asli, h SKCK Polres asli, i Surat rekomendasi dari Babinsa setempat, j Menyarahkan print out pendaftaran online. Persyaratan b s.d i difotocopy 7 lembar dan dilegalisir oleh yang berwenang. (bis/3)

Related posts