TKIT & SDIT Kenalkan Lingkungan Sekolah ke Siswa

  • Whatsapp
Anak-anak TKIT dan SDIT Alam Cayaha sedang mengikuti pengenalan lingkungan sekolah di hari pertama masuk sekolah, Senin (15/7/2019).(foto: dedy).

TOBOALI – Tahun ajaran baru tahun pembelajaran 2019/2020 sudah dimulai sejak Senin 15 Juli kemarin. Terhitung satu pekan pertama, pembelajaran di TKIT dan SDIT Alam Cahaya dimanfaatkan untuk mengenalkan siswa dengan lingkungan sekolah yang baru.

Itu dimaksudkan agar suasana yang terbangun adalah suasana yang menyenangkan dan membikin siswa nyaman dan betah berada di sekolah.

Di TKIT Cahaya, pada hari pertama, anak – anak yang mungil dan imut ini, berkumpul bersama dalam satu ruangan aula. Mereka bernyanyi dan bermain bersama.

Selain itu, ada beberapa permainan yang dipersiapkan oleh tim guru agar anak-anak tidak lagi merasa canggung untuk berbaur dan berkenalaan dengan teman – teman baru mereka. Untuk itu, siswa kelas B juga diberikan tanggung jawab untuk dapat membimbing adek adek mereka yang ada di kelas A.

Menurut Mardiah, Kepala Sekolah TKIT Cahaya, tahun ini mereka menerima 61 siswa baru, sehingga total siswa berjumlah 105 siswa. Masa Pengenalan lingkungan sekolah di TKIT Cahaya sendiri akan berlangsung hingga hari Jum’at, dan orag tua hanya diperkenankan mendampingi selama 3 hari saja (hingga hari Rabu).

Suasana yang tak kalah serunya adalah masa orientasi siswa di SDIT Alam Cahaya. Selain menerima 18 siswa kelas 1, di tahun ini juga cukup banyak siswa pindahan yang masuk ke kelas 2, 3 dan 4. Mereka memulai pengenalan sekolah dengan mencari tahu siapa wali kelas mereka.

Untuk dapat mengetahui siapa yang akan menjadi wali kelas, siswa harus mampu memecahkan sandi dan kode yang sudah dibuat oleh para guru.

Suasana pun menjadi riuh rendah begitu para siswa berhasil memecahkan kode yang ada, dan mereka berhamburan menuju wali kelas masing-masing. Setelah itu barulah tahapan selanjtnya dari orientasi sekolah dilaksanakan.

Sebagai sekolah yang menjadikan Hafalan Al Qur’an salah satu inti kurikulum pembelajaran di Sekolah, tahun ini, SDIT Alam Cahaya menambah 1 orang lagi guru khusus untuk program Tahfidz Al Qur’an. “Sehingga kini kami memiliki 2 orang guru khusus yang mengampu pelajaran Tahfidz Al Qur’an di sekolah,” demikian Ustad Al – Ansori selaku Kepala Sekolah SDIT Alam Cahaya. (raw/3)

Related posts