Tips Mudik Lebaran yang Aman

No comment 106 views


Oleh: Muhammad Tamimi
Wartawan Rakyat Pos

Muhammad Tamimi

Tradisi mudik atau pulang kampung setiap tahun tepatnya moment lebaran Idul Fitri menjadi viral bagi banyak orang, khususnya yang tinggal ditempat rantauan. Jumlah pemudik pun tidak sedikit menjelang hari lebaran tiba. Loket pembelian tiket transportasi pun menjadi sasaran pemudik melalui jalur transportasi udara (pesawat), darat (mobil, motor, bus umum, kereta api) dan laut (kapal laut). Semua bentuk jalur transportasi ditempuh jika waktu mudik tiba. Seperti dua orang rekan Penulis yang rencananya juga bakal memeriahkan mudik ke daerah asalnya di Pulau Sumatera. Jauh-jauh hari mereka telah memesan tiket pesawat, antisipasi khawatir terjadi kehabisan tiket saat puncak mudik.

Jika ditelusuri, tradisi mudik ini ternyata ada kesenangan tersendiri. Si pemudik, rela mengumpulkan modal yang besar untuk bisa pulang kampung. Bahkan fenomena menggadaikan sejumlah barang berharga ke pegadaian bukan menjadi rahasia umum. Demi kampung halaman tercinta, uang bukanlah menjadi persoalan, asal bisa mudik sebagai “pengobat” kerinduan di tanah kelahiran.

Banyak hikmah positif yang bisa diambil dari tradisi mudik. Pertama, sebagai ajang silaturrahmi dengan keluarga tercinta di kampung halaman, terutama orang tua. Kemudian berziarah kubur, mengunjungi makam orang tua, kakek, saudara yang lebih dulu meninggal untuk didoakan. Berikutnya, bernostalgia, melepaskan rasa rindu akan kampung halaman yang merupakan titik perjuangan dimulai bahkan mengingat masa-masa kecil dikampung halaman. Terakhir, “pamer” khususnya bagi rantauan yang sukses di tanah rantau untuk memberikan bukti kepada orang di kampung halaman atas kesuksesannya di tanah rantau. Khusus pemudik yang sudah bertahun-tahun tidak pulang, jelas luar biasa rasa rindu kepada kampung halaman. Mudik memang sebagai upaya melepaskan rasa kerinduan yang mendalam.

Banyaknya peristiwa selama dalam perjalanan mudik menjadi catatan khusus bagi pemudik diantaranya pencurian, kecelakaan, sakit, rasa tidak aman dan sejenisnya. Kejadian pemudik sebelumnya tersebut menjadi pembelajaran berharga bagi pemudik saat ini. Oleh karena itu, penulis menyarankan kepada pemudik untuk berhati-hati selama dalam perjalanan, jangan pernah lupa istirahat sejenak terutama bagi pemudik menggunakan kendaraan bermotor dan mobil. Harapannya, pergi dan pulang dalam keadaan selamat sampai tujuan.

Ada baiknya terlebih dahulu membaca tips-tips cara mudik yang aman. Tips-tips mudik yang aman dan nyaman ala penulis, yakni siapkan waktu mudik yang tepat, atur biaya mudik yang cerdas, jangan terlalu banyak bawa barang, pelajari rute mudik yang efektif, siapkan kondisi fisik dan jangan lupa berdoa dan kasih kabar. Semoga tips mudik sederhana tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang mudik.

Selain aman selama dalam perjalanan, rumah yang ditinggal selama mudik harus aman. Si pemudik bisa melakukan ini, diantaranya jangan lupa beritahu dan menitip rumah kepada tetangga terdekat sekaligus minta dimonitor kondisi rumah dan lingkungan selama ditinggal kosong. Ini memang sepele, tetapi sangat berguna bagi pemilik rumah saat ditinggal mudik. Kemudian, antisipasi barang yang mudah terbakar didalam rumah, seperti kompor, tabung gas, listrik yang tidak perlu, air dipastikan aman. Termasuk barang-barang berharga berupa uang dan perhiasan diharapkan dalam kondisi aman dan tersimpan rapi. Kasus kebakaran dan pencurian rumah warga karena ditinggal mudik menjadi pembelajaran bagi pemudik. Kesempatan mudik ini bisa jadi peluang bagi penjahat untuk merazia rumah korbannya. Agar hal itu tidak terjadi, maka pemudik memastikan sungguh-sungguh kondisi rumah dalam keadaan aman, tertib, dan terawasi.

Selain beritahu kepada tetangga, jangan lupa beritahu kepada pihak berwajib supaya melakukan patroli dilingkungan pemudik sebagai antisipasi manakala terjadi sesuatu diluar dugaan. Paling tidak, rumah yang kita tinggalkan masuk dalam peta pengawasan pihak kepolisian terdekat.

Kepada pemerintah supaya menyiapkan transportasi massal selama kegiatan mudik agar perjalanan mudik tertib, aman dan lancar. Terakhir, jangan lupa berdoa kepada Allah SWT untuk memberi kenyamanan, perlindungan, keselamatan, dan keamanan selama kegiatan mudik sejak pergi hingga pulang ke rumah. Kita harus pasrah kepada Allah, untuk mendapatkan petunjuk yang baik selama kegiatan mudik. (****).

Print Friendly
No Response

Leave a reply "Tips Mudik Lebaran yang Aman"