Tips Budidaya Cabe Hemat Biaya Tapi Menguntungkan

  • Whatsapp

KOBA – Tokoh petani maju Acoy membeberkan tips-tips budidaya tanaman cabe yang hemat biaya, namun bisa panen raya dan menguntungkan.

Pria yang diusulkan sebagai petani teladan tersebut mengajak budidaya tanaman cabe menggunakan pupuk organik MA-11. Menurutnya, dengan MA11 bisa menghemat biaya produksi cabe mencapai 35-45 %.

“Jika menggunakan pupuk organik MA-11 untuk lahan puluhan hektar bisa menghemat puluhan juta rupiah dibandingkan menggunakan pupuk anorganik,” ujar Acoi disela-sela panen cabe milik Kelompok Tani Tunas Baru di Dusun Magelang Desa Lubuk Pabrik, Rabu (21/08/2019).

Sementara itu, Bupati Ibnu Saleh menyarankan kepada petani silakan belajar ke Acoy untuk menjadi pengusaha cabe berpenghasilan sebesar 16-20 ton sekali panen.

“Saya beri gelar kepada para petani adalah pengusaha pertanian. Nama ini diberikan sebagai penyemangat para petani agar lebih maju,” ujarnya Bupati.

Ia menyampaikan Pemkab Bangka Tengah akan membangun pabrik pupuk organik MA11 untuk mendorong ketersediaan pupuk bagi pengusaha pertanian.

“Pemerintah berusaha menyiapkan pupuk subsidi untuk pengusaha pertanian. Semoga tahun depan kita lebih sukses lagi dalam bidang pertanian,” ucapnya.

Ia mengajak petani supaya memperbanyak syukur karena dengan banyak bersyukur kita bisa lebih dari yang diinginkan. “Saya berpesan jangan pernah sombong. Jika kita sudah sukses, teruslah untuk bersyukur. Terima kasih kepada kepala desa yang sudah membantu menganggarkan dana desa untuk bidang pertanian,” tukasnya. (ran/3).

Related posts