by

Timsel Komitmen Rekrut Komisioner KPU Secara Transparan

PANGKALPINANG – Lima tim seleksi KPU Bangka Belitung, mulai bekerja guna mencari lima putra dan putri terbaik di Babel. Demikian disampaikan Ketua Timsel KPU Babel Iskandar Zulkarnain, dalam sosialisasi awal mengundang awak media di sekretariat Timsel KPU Babel.

“Ini upaya sosialisasi awal kita, untuk menggaungkan tahapan pelaksanaan seleksi calon anggota KPU Babel 2018-2023. Bentuk transparansi kita, akuntabilitas, semua publik putra-putri terbaik bisa mengakses persiapan pendaftaran. Informasi ini kita harap sampai ke semua kalangan, strata, agar hak berpartisipasi sama,” katanya didampingi keempat anggota Timsel lainnya, Selasa (6/2/2018).

Ia mengharapkan, banyak yang berpartisipasi dalam perekrutan komisioner KPU Babel. Mereka akan bekerja keras dalam Pemilu 2019 dan pemilihan Presiden. Untuk itu, pihaknya tidak akan menutup-nutupi informasi apapun, semua berlaku sama dalam perekrutannya.

“Sebanyak mungkin yang ikut dalam seleksi baik Bangka dan Belitung memiliki hak yang sama. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, pengumuman, pendaftaran 12-21 Februari 2018. Form pendaftaran bisa diakses di sekretariat Timsel juga Website KPU Provinsi,” imbuhnya.

Kemudian, peserta akan melalui tes tertulis dengan sistem CAT, pada 7 Maret mendatang. Mereka yang lolos administrasi sebanyak 60 orang akan mengikuti tes ini dan kemudian dikerucutksn sebanyak 35 nama dengan sistem ranking. Sesuai Passing Grade.

“Masuk tahapan tes psikologi 8-12 Maret. Dari 35 menjadi maksimal 30 orang dan tes kesehatan 19-23 Maret. Tiga komponen penting, jasmani, kejiwaan, narkoba. Selanjutnya wawancara, 26-27 Maret. Dari tahapan ini nanti akan diseleksi dari 30 orang ditentukan 10 nama,” urainya.

“Tanggapan masyarakat diberikan porsi luas sekali. 12 Februari hingga 3 April kesempatan masyarakat memberikan informasi ke kita. Kita minta dialamatkan ke kita agar bisa dijadikan pertimbangan,” ujarnya.

Pihaknya akan menyampaikan kelima nama calon pada tanggal 5-6 April. 10 nama calon anggota KPU akan diserahkan ke KPU RI, hingga ditetapkan menjadi lima komisioner KPU Babel. (ron/7)

Comment

BERITA TERBARU