Timgab Cek Persediaan Bahan Pokok

  • Whatsapp
Tim gabungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melakukan pemantauan persediaan kebutuhan bahan pokok yang ada di pasar tradisional Toboali. (foto: Dedi Irawan)

Tim gabungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan bersama Polres melakukan pemantauan persediaan kebutuhan bahan pokok yang ada di pasar tradisional Toboali.
Kabid Perdagangan, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Perdagangan, Saleh mengatakan pada dasarnya harga dan stock di tingkat pedagang itu tergantung dari distributor dan jelas mekanisme. Meskipun ada kenaikan, namun tidak ada lonjakan harga yang begitu signifikan dan masih terjangkau oleh masyarakat.
“Stok itu tergantung distributor dan jika ada kenaikan harga itu biasanya terjadi pada hari atau momen momen tertentu dan tidak mempengaruhi daya beli masyarakat,” katanya.
Ia mengimbau agar para pedagang yang ada di Pasar tradisional Toboali agar menjual semua kebutuhan pokok dengan harga yang sesuai dan tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.
“Jika ada harga yang dijual diatas HET itu memang terjadi pada komoditi tertentu, terutama bahan yang mudah busuk, namun kami minta sesuaikanlah agar tidak meresahkan masyarakat,” pintanya.
Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bangka Selatan, AKP Harry Kartono mengatakan pemantauan ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga sembako jelang ramadhan.
“Yang kami cek hari ini, yakni beras, bawang merah, bawang putih, daging ayam dan daging serta komoditi lainnya,” tambahnya.
Ia mengimbau agar para pedagang tidak menjual barang kebutuhan pokok melebihi dari harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. “Dan untuk menjaga harga tetap stabil rencananya pemda akan melaksanakan operasi pasar saat Ramadhan nanti,” timpalnya lagi.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan Suhadi memastikan persediaan pangan menjelang Ramadhan 1432 H aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Menurutnya, stock saat ini cukup dan tidak ada kendala. Selain itu, persediaan di tingkat distributor lumayan banyak. Saat ini sedang memasuki musim masa panen padi, jadi dipastikan stock pangan seperti beras cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bangka Selatan.
“Untuk pangan khususnya beras di distributor stabil kira kira 40 sampai dengan 50 ton untuk bulan ini dan untuk hasil panen belum bisa diprediksi karena proses panen masih berlangsung,” katanya. Ia mengatakan DPPP Kabupaten Bangka Selatan secara rutin setiap minggu melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di pasaran dan belum ada kenaikan.
“Saya harap masyarakat jangan khawatir, karena persediaan bahan kebutuhan pokok di Bangka Selatan sampai saat ini masih cukup dan aman,” jelasnya. (raw/6)

Related posts